Detak-Palembang.com – Palembang ,Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) menunaikan ibadah sholat Jum’at di Masjid Jami’ As – Salam yang terletak di Jl. Makrayu, Palembang. Jum’at, (2/4/2021)

Pada kesempatan itu, HD menyampaikan bahwa kedatangannya di Masjid Jami’ As – Salam untuk menunaikan ibadah sholat Jum’at nya merupakan salah satu program kerjanya yaitu Safari Jum’at. Program ini dilakukan guna untuk mendengarkan aspirasi masyarakat secara langsung sekaligus melihat kondisi pemukiman dan keadaan masyarakat yang ada disekitar masjid.

Selain itu HD mengingatkan pengurus masjid untuk membangun masjid secara bertahap menyesuaikan kapasitas yang dibutuhkan.

“Membangun masjid jangan berlandaskan nafsu agar masjid terlihat mewah dan megah akan tetapi masjid seharusnya dibangun sesuai dengan kebutuhan kapasitasnya”, ucap HD.

HD juga menegaskan bahwa dirinya tidak melarang para jamaah untuk melaksanakan sholat tarawih berjamaah dimasjid pada bulan suci ramadhan nanti.

“Saya memperbolehkan para jamaah untuk menjalankan sholat tarawih berjamaah dimasjid, akan tetapi hal tersebut tentunya harus menerapkan protokol kesehatan”, tegasnya.

Terkait sholat idul fitri, dijelaskannya bahwa hal tersebut harus dilakukan kajian terlebih dahulu dan semoga nantinya dapat dilaksanakan secara berjamaah dimasjid.

HD beserta rombongan juga memberikan uang bantuan sebesar Rp. 62 jt untuk perluasaan bangunan masjid.

Turut hadir Para Kepala OPD Prov Sumsel