Detak-Palembang.com – Palembang , Gubernur Sumsel H Herman Deru menginisiasi dan meresmikan dimulainya Vaksinasi massal dosis pertama bagi pedagang pasar di Kota Palembang. Selasa (2/3)

HD katakan bahwa dirinya sengaja menginstruksikan Dinkes agar mendahulukan pedagang pasar untuk memulai vaksin umum untuk pedagang pasar karena menurutnya mereka merupakan garda terdepan pelayanan jual beli yang berpotensi tertular covid-19.

“Saya instruksikan untuk segera berkoordinasi dengan kab/kota lainnya untuk segera memberikan vaksin ini. Awalnya 20 yang daftar, namun saya minta Dinkes mengedukasi tentang apa yang didapat dirasakan apabila disuntik vaksin covid-19. Inventarisir sebabnya jika tidak mau divaksin, berikan penjelasan seluas-luasnya dan tunjukan foto bahwa Gubernur sudah divaksin,” ujarnya

“Setelah ini, saya berikan vaksin ke guru. Saya instruksikan OPD yang membidangi ini untuk mendahulukan guru di seluruh Sumsel dengan perhitungan berdasarkan epidemiologi dan kesehatan. Kita berharap agar kita dapat kembali hidup normal dan dapat melaksanakan kegiatan sehari-hari dengan normal,” katanya.

Sementara itu, Kadinkes, Dra. Lesty Nurainy Apt.,M.Kes, mengatakan bahwa vaksinasi ini diikuti oleh 253 dari 273 pedagang pasar Cinde dan sekitarnya. Dinkes Provinsi bekerjasama dengan kota Palembang mengedukasi masyarakat agar mau divaksinasi.

Turut hadir Ketua DPRD Prov. Sumsel, Ibu Hj. R.A. Anita Noeringhati, SH., MH., Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel, Irjen. Pol. Prof. Dr. Eko Indra Heri, M.M, Kadis Kominfo Sumsel, H Achmad Rizwan, SSTP, MM,