Detak-Palembang.com – Palembang , Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengikuti pembukaan Rakornas penanggulangan bencana tahun 2021 dibuka langsung Presiden RI, Joko Widodo secara virtual. Sumsel Command Center , Rabu (03/03)

Presiden RI, Joko Widodo menyampaikan bahwa seluruh instansi pemerintah harus bersinergi melakukan upaya pencegahan bencana di seluruh wilayah Indonesia baik instansi pemerintah di pusat maupun di daerah.

Menurutnya, dalam satu tahun ini Indonesia telah diberikan pelajaran yang sangat luar biasa bukan hanya bencana alam tetapi juga bencana non alam yaitu pandemi Covid-19 skala nasional bahkan global.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada jajaran BNPB dan instansi terkait lainnya yang telah bekerja keras menangani krisis sekarang ini. Pengalaman ini harus menjadi momentum dalam meningkatkan ketangguhan kita dalam menghadapi bencana,” tegas Jokowi.
.

“Aspek pencegahan dan nivigasi bencana harus diutamakan. Jangan sampai hanya bersifat reaktif dalam menghadapi bencana namun harus terencana dengan baik dan harus sensitif terhadap bencana. Kita telah memiliki rencana induk penanganaan bencana tahun 2020-2024,” tagas Presiden.

Presiden mengharapkan semua instansi pemerintah di pusat dan daerah agar jangan hanya sibuk membuat aturan, namun yang utama adalah pelaksanaan dilapangan. Menurutnya, bukan hanya aspek pengendalian saja, penegakan standar resiko bencana dilapangan juga sangat penting.

“Kecepatan adalah kunci penyelamatan dan mengurangi jatuh korban akibat bencana agar kita tangguh hadapi bencana,” tutup Jokowi.

Turut hadir Ketua DPRD Sumsel, Hj. Anita Noeringhati, Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof. Eko Indra Heri, Pangdam II Sriwijaya, Mayjen TNI Agus Suhardi, Kajati Sumsel, Mohammad Rum, dan para kepala OPD Pemprov Sumsel.
.