Detak-Palembang.com – Palembang , Gubernur Sumsel H.Herman Deru bersama Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, dan Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof. Dr. Eko Indra Heri S, M.M., memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Persiapan Penanganan dan Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutlah) TA 2021 di Provinsi Sumsel, bertempat di Ruang Renkofu Gedung Promoter Lantai III Mapolda Sumsel, Jln. Jenderal Sudirman KM. 3,5 Kelurahan Pahlawan Kecamatan Kemuning Kota Palembang, Senin (1/3/2021).

Hadir dalam kegiatan rakor tersebut, antara lain ; Danrem 044/Gapo, Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji, S.I.P., S.Sos., Danlanud SMH Palembang, Danlanal Palembang diwakili Mayor Cpm Laut Reza Ali, Dirbinmas Polda Sumsel Kombes Pol Heru Trisasono, SIK, M.Si., Dirintel Polda Sumsel Kombes Pol Retno Kuncoro, SIK., Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs. Supriadi, M.M., Kepala BPBD Prov. Sumsel, Kepala BMKG Prov. Sumsel, Basarnas, Kajati Prov. Sumsel, Dinas Kehutanan PROV. Sumsel serta tamu undangan dan Instansi terkait lainnya.

Rakor ini dilaksanakan dalam rangka untuk menindaklanjuti dari pada Surat Perintah Gubernur Sumsel, tentang persiapan penanganan dan pencegahan Karhutla dengan mengundang stakeholder yang ada di Propinsi Sumsel dengan diikuti seluruh Forkopimda Kabupaten/Kota.

Adapun maksud digelarnya rapat ini adalah untuk menyamakan persepsi dan langkah-langkah dalam rangka persiapan penanganan dan pencegahan Karhutlah yang apabila nanti terjadi kebakaran hutan ataupun lahan, seluruh Instansi terkait bersinergi untuk sama-sama berusaha melakukan pemadaman, serta melakukan tindakan represif berupa menindak para pelaku pembakaran hutan/lahan baik individu maupun korporasi.

Selain dilaksanakan pembacaan komitmen bersama dalam rangka penanggulangan Karthutla di Prov. Sumsel, dalam rakor tersebut juga diisi dengan paparan terkait dengan penanganan Karhutlah yang disampaikan oleh ; Dir Intelkam Polda Sumsel tentang Prediksi Menghadapi Karhutlah TA. 2021, Kepala BMKG Sumsel tentang Perkiraan Cuacaga Penanganan Karhutlah TA2021, Kepala BPBD Sumsel tentang Kesiapan Pemerintah Dalam Menghadap Upaya Menggandeng Pemerintah Pusat Untuk Penangan Karhutlah TA 2021, dan paparan Danrem 044/Gapo tentang Evaluasi Karhutlah TA 2020 dan Kesiapan Karhutla TA 2021.