Pelantikan KONI Kota Palembang dihadiri langsung Wali Kota Palembang Harnojoyo

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Wali Kota Palembang Harnojoyo memberitahu target kepada pengurus Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Palembang baru dilantik, meraih target juara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) di OKU Raya 2021.

Lantaran pada Porprov 2019 di Prabumulih Kota Palembang gagal menjadi juara di gusur oleh Muba sebagai juara di ajang tersebut.

“Porprov di OKU Raya jadi target kita! Banyaknya pengurus KONI Palembang yang dilantik sekarang harusnya bisa juga menambahkan medali dan kita bisa kembali jadi juara,”kata Harnojoyo saat ikut melantik pengurus KONI Palembang Rabu,(3/3/2021).

Kepengurusan KONI Palembang dilantik hari ini berjumlah 265 dan Ketua dijabat oleh Anton Nurdin masa periode 2021-2025.

“Pelantikan KONI Palembang semarak sekali. Katanya saya dengar kalau tidak dilantik sekarang bisa bisa kepengurusan menjadi 300 an. Tetapi kami Pemkot Palembang akan membantu semaksimal mungkin asal target juara diwujudkan,”pungkasnya

Sementara itu Ketua KONI Palembang Anton Nurdin mengatakan, besarnya jumlah kepengurusan adalah keinginan semua pihak. Lantaran banyaknya antusias dari berbagai pihak untuk semangat meningkatkan prestasi olahraga di Kota Palembang.

“Tagline kami adalah Palembang Juara. Kami akan fokus membuat Palembang juara. Kepengurusannya gemuk sekali karena memang kita sengaja. Karena banyak sekali keinginan peran serta untuk mendukung Palembang menjadi juara,”katanya

Diakuinya kedepan pihaknya tengah berencana menggelar pelaksanaan sepakbola Piala Soeratin di Jakabaring. Lalu Triton sebagai wujud pelaksanaan HUT Palembang nanti.

“Kenapa kita gelar Piala Soeratin karena sepakbola adalah ajang primadona untuk semua lapisan masyarakat,”pungkasnya

Sementara itu pelantikkan dilakukan oleh Ketua KONI Sumsel Hendri Zainuddin. Sebelumnya pembaca nama nama pengurus KONI Palembang dibacakan oleh Sekretaris Umum KONI Sumsel Suparman Roman.

Sekadar mengingatkan, kontingen Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) keluar sebagai juara umum Porprov
XII di Prabumulih setelah berhasil meraih 126 medali emas sekaligus mematahkan dominasi Kota Palembang yang merengkuh 10 kali juara umum dari 12 kali penyelenggaraan.

Berdasarkan klasemen akhir Poprov Sumsel XII, Muba meraih 289 medali, terdiri atas 126 medali emas, 68 perak dan 95 perunggu. Sedangkan peringkat dua diduduki Kota Palembang, yang mencatatkan 250 medali, 75 emas, 83 medali perak dan 82 perunggu.

Selain itu, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) yang tergolong daerah otonomi baru berhasil membuat kejutan dengan menduduki posisi ketiga lewat raihan 99 medali, terdiri dari 33 emas, 31 perak dan 35 perunggu.