.
Detak-Palembang.com – Palembang ,Guna memperketat disiplin masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan (prokes) di masa pandemi Covid 19, Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya bersama Tim Satgas Covid 19 TNI dan Polri melakukan sosialisasi dan himbauan memakai masker ke pasar tradisional 16 Ilir Palembang, Rabu (3/2/2021) pagi. Aksi bagi-bagi 10.000 masker gratis ini disambut antusias oleh pedagang dan pengunjung pasar yang kebetulan ada di lokasi.
.
Didampingi Ketua DPRD Sumsel Hj. RA. Anita Noeringhati, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Kapolda Sumsel H. Irjen Pol Eko Indra Heri, Danlanud Sri Mulyono Herlambang Kolonel Pnb Firman Wirayuda S.T., M.Soc.Sc, Wakil Gubernur Sumsel Mawardi Yahya tanpa sungkan turun langsung ke pasar 16 Ilir membagi-bagikan masker kepada para pedagang dan pengunjung pasar yang tengah beraktivitas. Aksi ini mereka lakukan serentak sekitar pukul 00.90 wib di sekitar gedung Pasar 16 Ilir.
.
Mereka datang bersamaaan kemudian berpencar mendatangi pedagang dan pengunjung yang belum menggunakan masker. Sambil membagikan masker, Wagub Mawardi Yahya juga tampak beberapa kali memperingatkan warga yang kedapatan lupa mengenakan masker.
.
Menurut Wagub, meski vaksninasi sudah mulai dilakukan namun disiplin menggunakan masker, menghindari kerumunan dan menjaga jarak tetap harus dilakukan masyarakat dalam berkegiatan sehari-hari.
.
Bukan itu saja, Iapun mengingatkan walaupun warga rajin memakai masker namun harus diiringi dengan menjaga kebersihan masker itu sendiri.
.
Lebih jauh dikatakan Mawardi memakai masker adalah syarat mutlak untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19 selain rajin mencuci tangan.