Detak-Palembang.com – Palembang , Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru (HD) mengikuti Rapat secara virtual bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dan Menteri PPN/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Suharso Monoarfa, beserta stakeholder terkait lainnya membahas skema pembiayaan pembangunan Pelabuhan Ambon Baru dan Pelabuhan Tanjung Carat dari Sumsel Command Center. kamis (11/02)

Dari Rapat tersebut menghasilkan kesepakatan bahwa direncakan pada akhir Tahun 2021 mendatang akan dilakukan Ground Breaking Pembangunan dua pelabuhan di Indonesia yaitu Pelabuhan Ambon Baru di Provinsi Maluku dan Pelabuhan Tanjung Carat di Provinsi Sumsel.

Sementara itu, Gubernur Sumsel H. Herman Deru menyambut baik keputusan tersebut. Menurut HD, setelah proses panjang beberapa tahun, pelabuhan di Tanjung Api-Api Kabupaten Banyuasin Prov Sumsel ini akhirnya dapat terwujud.

“Kami disini menantikan kabar baik ini bersama-sama, sudah seperti Nobar (nonton bareng). Ini sudah tegas bahwa ground breaking yang dilaksanakan akhir tahun 2021 yaitu Pelabuhan Ambon Baru dan Pelabuhan Tanjung Carat ” ungkap HD dihadapan para menteri.

Dijelaskan HD, saat ini pemda sudah siap dengan Perda baik Provinsi maupun Perda Kabupaten Banyuasin untuk mendukung pelaksanaan pembangunan pelabuhan tersebut termasuk menyediakan lahan dan hal pendukung lainnya.

“Pelabuhan ini adalah kebutuhan yang diharapkan dapat menunjang export komoditas yang ada di Provinsi Sumsel seperti karet, kelapa sawit dan lainnya. Ini harapan kita semua dan seluruh masyarakat Sumsel,” ujar HD.

Sementara itu, Menhub Budi Karya Sumadi mengatakan, pengembangan infrastruktur pelabuhan tersebut memang luar biasa akan berdampak pada pertumbuhan ekonomi. Menurutnya, Kemenhub akan menyiapkan infrastruktur dasarnya.

Turut hadir Plt. Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Ekowati Retnaningsih, serta para kepala OPD Prov Sumsel.