Detak-Palembang.com JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno rencana akan tinjau Pulau Kemarau dalam agenda rencana Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Hal itu karena Wali Kota Palembang Harnojoyo menjadikan Pulau Kamaro menjadi pusat wisata air di Kota Palembang seperti Ancol.

“Alhamdulilah, Pak Menteri langsung merespon rencana yang akan dilakukan Pemkot Palembang,” kata Wali Kota Palembang H. Harnojoyo melalui Ketua Tim Pengembangan Pulau Kemaro, Ir M. Syafri Nungcik, melalui sambungan selulernya Rabu (17/2/2021).

Dilanjutkan, Sandiaga Uno, berencana datang langsung ke pulau yang melekat tentang legenda saudagar kaya dari China dengan putri raja pada massa kerajaan Sriwijaya ini.

Sandiaga Uno yang memiliki rencana besar untuk memajukan wisata di Indonesia ini, mempunyai program rencana Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), nah Pulau Kemaro akan menjadi bagian dari program KSPN ini.
 
 “Tadi ada saran dari Pak Menteri, agar ada cerita keterkaitan antara legenda Pulau Kemaro dengan Kerajaan Sriwijaya. Dan itu harus diperkenalkan, dan berencana akan meninjau langsung ke Pulau Kemaro,” ungkapnya
 
Sandiaga Uno juga memberi masuķan untuk pengembangan Pulau Kemaro, salah satunya seperti pengembangan pulau yang ada di Korea.
 
“Kita akan berusaha, bagaiamana cara pengembangan pulau Kemaro masuk dalam KSPN, sehingga ada kucuran dana dalam pengembang Pulau Kemaro,” jelasnya.
 
Dirinya juga menuturkan bila setelah diwancanakan pengembangan 30 heaktar kawasan pulau Kemaro, beberapa investor mulai melirik.

 “Sudah ada beberapa investor yang melakukan pembahasan investasi disana,”pungkasnya