KEMENTERIAN AGRARIA DAN TATA RUANG/

BADAN PERTANAHAN NASIONAL

Detak-Palembang.com – Maluku , Salah satu tujuan dari pendaftaran tanah adalah memberikan kepastian hukum dan perlindungan hukum bagi pemegang sertipikat hak atas tanah. Pendaftaran tanah sekaligus bukti hadirnya negara ditengah rakyat. Dari sertipikat tanah yang terbit bisa dikembangkan menjadi modal usaha dan itulah yang diinginkan pemerintah agar ekonomi terus tumbuh dan berjalan.

Salah satu penerima sertipikat berasal dari Provinsi Maluku ialah Joni Tolau (50), petani koprah asal Kecamatan Taniwel merasa senang telah menerima sertipikat atas program Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) yaitu Redistribusi Tanah di Balai Desa Taniwel, Maluku (20/02/2021).

“Dengan adanya penyerahan sertipikat ini sudah sejak lama saya tunggu-tunggu, saya sangat bersyukur dengan adanya penyerahan sertipikat ini, sebagai petani koprah merasa senang karena ini barangkali juga bisa kita gunakan atau diagunkan, seperti untuk tambah modal,” ujar Joni Tolau.

Joni Tolau bertani di atas tanah seluas 5 hektare, yang ia dapatkan secara turun temurun dari orang tua dan sekarang sudah menjadi miliknya sebagai lahan pertanian. “Tanah ini saya dapat dari warisan orang tua saya, saat ini saya yang memiliki dan bersyukur sudah di sertipikatkan nanti akan saya turunkan lagi kepada anak-anak untuk mencari nafkah untuk masa depan mereka, sementara akan saya gunakan untuk saya punya usaha agar lebih berkembang,” katanya.

Lebih lanjut ia berharap program penyertipikatan tanah bisa lebih terus dilaksanakan khususnya di Indonesia bagian timur. “Saya seperti mimpi, biasanya lihat di televisi atau dengar di mana-mana sudah berjalan program ini, saya bersyukur sebagai petani yang berada di Indonesia timur ini sudah terjadi, saya harap pemerintah ke depan bisa terus lakukan program ini di Indonesia lainnya di bagian timur,” ungkapnya.

Joni Tolau juga mengucapkan terima kasih atas adanya redistribusi tanah karena merasa terbantu sekali untuk hidupnya.

“Alhamdulillah kami terbantu dan sangat mengucapkan terima kasih atas sertipikat melalui program ini yang dimana dapat kami gunakan untuk tambahan usaha bertani kami. Saya ucapkan terima kasih Pak Presiden dan Kementerian ATR/BPN,” ungkapnya.

Penyerahan sertipikat ini merupakan rangkaian kunjungan kerja Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional, Surya Tjandra di Provinsi Maluku secara simbolis kepada empat penerima sertipikat dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat. (RE/LS)