Detak-Palembang.com – Jakarta , Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru menghadiri Rapat Koordinasi Nasional pengarahan Presiden RI Joko Widodo tentang Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (dalkarhutla) tahun 2021. Di Istana Negara Jakarta. Senin (22/2).
.

Pada kesempatan yang sama Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya mengikuti pengarahan secara virtual dari Presiden RI Joko Widodo terkait Rakornas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Dalkarhutla) Tahun 2021 dari Command Center Pemprov Sumsel, Senin ( 22/02/2021). Dalam kesempatan tersebut Wagub Mawardi Yahya tampak didampingi Kajati Sumsel M.Rum SH.MM dan Komandan Korem (Danrem) 044 Gapo Brigjen TNI Jauhari Agus.

Selain mendengarkan arahan dengan serius dari Presiden RI Joko Widodo, Wagub Sumsel Mawardi Yahya juga terlihat khusyuk mendengarkan penjelasan mengenai penanggulangan Karhutla yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Prof. Dr. Mohammad Mahfud MD., S.H., S.U., M.I.P.
.
Dalam arahannya Presiden RI Joko Widodo menjelaskan bahwa sejak tahun 2015 terjadi kebakaran lahan yang sangat besar, sehingga rutin diadakan pertemuan seperti ini. Tujuannya tak lain untuk mengingatkan kepada para Gubernur, Bupati, Walikota, Pangdam dan Kapolda serta Kapolres tentang hal ini. Terutama pada pejabat-pejabat baru yang ada di daerah-daerah yang rawan bencana kebakaran.