Detak-Palembang.com – Palembang , Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) H. Herman Deru memimpin langsung Rapat Persiapan Kunjungan Kerja Menteri Perhubungan Republik Indonesia ke Provinsi Sumatera Selatan, terkait rencana pembangunan pelabuhan Tanjung Carat pada tanggal 20 Februari 2021.
.

“Kita harus fokus pelabuhan Tanjung Carat terbangun dan selesai, jangan sampai apa yang di cita-citakan masyarakat Sumsel menjadi mengaburkan (blur), karena kepentingan ego sektoral. Jangan sampai kita yang menjadi Host City-nya malah memeperhambat, Saya ingin pak Menteri Perhubungan pulang nanti membawa keputusan yang membawa dampak baik untuk pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat,” ungkapnya saat memimpin rapat dikantor Gubernur, Kamis (18/2) siang.

Dalam rapat yang juga dihadiri Bupati Kabupaten Banyuasin H. Askolani Jasi tersebut, Gubernur HD mengajak semua yang terkait untuk fokus pada pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat, mengingat saat ini pelabuhan Tanjung Carat telah ditetapkan oleh Presiden RI bersama para Menteri sebagai proyek strategis prioritas nasional .
.
Herman Deru optimis Pembangunan Pelabuhan Tanjung Carat tidak ada hambatan lagi, selain Rencana Induk Pelabuhan (RIP) sudah ada, penlok juga sudah ditambah lagi untuk RT/RW Kabupaten Banyuasin sudah selesai dan siap untuk dijadikan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).
.
“Ini menjadi daya pikat bagi semua sektor ekonomi kita, jadi pak bupati ini hadiah besar untuk Kabupaten Banyuasin. Nantinya investor akan bayak berinvestasi,” pungkasnya.
.
Turut mendampingi gubernur dalam rapat itu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Sumsel, Drs. H. Edward Chandra, M.H. Asisten II Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Dr. Ekowati Retnaningsih, SKM., M. Kes. Serta perwakilan dari PT Tri Patria, PT Pelindo, dan Organisasi perangkat daerah terkait.