Detak-Palembang.com – Palembang , Gubernur Sumsel H Herman Deru menargetkan Sumsel dapat masuk dalam 10 besar provinsi juara pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua yang rencananya digelar Oktober mendatang.
.
Sebab itu, Herman Deru mendukung penuh Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) yang digelar oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sumsel.
.
Dimana Pelatda tersebut dinilai sangat penting dilakukan agar para atlet semakin matang sehingga dapat mejadi juara dalam PON tersebut.
.
“Saya menyambut baik Pelatda ini. Pelatda ini merupakan proses pematangan baik strategi maupun memaksimalkan kemampuan para atlet kita. Selain itu juga, agar para atlet paham situasi dan kondisi tempat pelaksanaan PON tersebut. Saya tekadkan Sumsel bisa masuk 10 besar dalam PON tersebut,” kata Herman Deru di sela Launching Tim Pelatda PON XX Papua 2021 Sumsel di Griya Agung Palembang, Minggu (14/2) malam.
.
hanya itu, Herman Deru juga meminta KONI Sumsel juga memperhatikan kondisi atlet yang diboyong dalam ajang olahraga nasional tersebut. Termasuk juga mental, fisik, kesehatan para atlet.
.
Meski saat ini ada pengurangan 10 cabang olahraga (cabor) yang tidak dipertandingkan dalam PON XX tersebut, namun dia menegaskan, agar cabor-cabor tersebut tetap masuk dalam Pelatda.
.
Berdasarkan informasi, sedikitnya terdapat 10 cabor yang dicoret dari PON XX tahun 2021 yakni balap sepeda, bridge, dansa, gateball, golf, petanque, ski air, soft tenis, tenis meja, dan woodball. Sementara yang akan dipertandingkan sebanyak 37 cabor.