Detak-Palembang.com – Palembang , Bukan Gubernur Sumsel H.Herman Deru namanya jika tak punya ide-ide unik membantu warganya di tengah pandemi Covid. Jika sebelumnya Ia viral lantaran memberikan endorse gratis untuk membangkitkan pemasaran UMKM yang tengah terpuruk, kini HD lagi-lagi melakukan aksi tak biasa. Mengunjungi warganya Budidaya Ikan Cupang di kecamatan Seberang Ulu ll , Jumat (05/02)

Selepas melakukan Safari di Masjid Baiturrahman Kecamatan Seberang Ulu II siang misalnya, HD mendadak langsung blusukan ke gang kecil di sekitar lokasi saat mendengar ada warga setempat yang membudidayakan ikan cupang yang tengah booming.

Didampingi Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumsel, Widada, HD menyambangi pelaku budidaya ikan cupang di Riduan Gallery Cupang. Di tempat ini Herman Deru sempat melihat langsung cara Riduan membudidayakan ikan cupang.

Usai meninjau usaha kecil milik Riduan, HD mengatakan sangat mendukung usaha-usaha kreatif yang dilakukan warganya ini. Meski terlihat sederhana, cara ini diyakininya mampu membuat warga bertahan hidup di tengah pandemi.
Iapun menyemangati warga untuk meniru apa yang dilakukan Riduan dan teman-temannya.

” Makanya Saya bawa Kepala Dinas Perikanan ini. Saya ingin para warga yang membudidayakan ikan ini diberi kemudahan. Bahkan pembinaan agar ikan yang dihasilkan lebih berkualitas dan usahanya lebih maju lagi termasuk juga membantu pemasarannya,” kata HD.

Iapun ingin sektor perikanan seperti ini dapat dikembangkan dengan serius sehingga nantinya Sumsel bisa menjadi daerah yang mengekspor ikan cupang berkualitas ke luar negeri.

Sementara itu Riduan, Pemilik Gallery 78 terlihat sangat senang dengan kedatangan Gubernur Sumsel tersebut. Ia mengaku selain membuat usahanya terkenal, Iapun senang karena Gubernur sangat perhatian dengan pelaku usaha kecil sepertinya.

Turut hadir Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Rosidin Hasan Kadis Kominfo Provinsi Sumsel H. Achmad Rizwan, serta para kepala OPD lainnya.