Detak-Palembang.com – Palembanh , Pemerintah Kota Palembang segera memberikan suntikan vaksin Sinovac kepada para guru SD dan SMP di Sekolah Negeri .

“Sebelum April tahun ini, guru di Palembang sudah vaksinasi Covid-19,” ujar Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, saat meninjau SD Negeri 238, Senin (1/2/2021).

Ia menyebutkan, pemberian vaksinasi Covid-19 bakal diberikan kepada para guru ASN maupun semua guru honorer yang telah terdaftar sesuai instansi, baik tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di sekolah negeri.

“Jadi, memang guru masuk tahap pertama setelah nakes. Termasuk untuk TNI/Polri sebagai orang-orang yang bekerja untuk pelayanan publik,” kata dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Palembang, Ahmad Zulinto, menambahkan, terkait vaksinasi COVID-19 untuk guru-guru, pihaknya telah mendata secara menyeluruh dan sudah diserahkan ke Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk dievaluasi masuk tahap skrining.

“Kita sudah memberikan data berapa banyak yang akan divaksin. Kalau guru sekitar 4 ribu guru yang sudah diberkan nama-namanya ke Dinkes Palembang,” kata Zulinto.

Dia menerangkan, pada tahap awal, nama-nama yang telah diserahkan ke Dinkes Kota adalah semua guru SD sampai SMP. Sedangkan untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK) akan menyusul.

Disdik Palembang mengutamakan daftar guru dari sekolah negeri terlebih dahulu.”Yang swasta belum. Bagi guru yang tidak mau divaksin belum ada sanksi-nya, belum ada yang ingin kita berikan (sanksi). Karena ini tujuannya adalah mengajak kawan-kawan serta memotivasi bahwa vaksin ini aman. Apalagi Pak Wali (Harnojoyo) sudah divaksin dan aman,” ujar Zulinto.