Google merayakan ulang tahun Dr Marie Thomas ke 125

Detak-Palembang.com NASIONAL – Dokter Indonesia pertama spesialis bidang obstetri dan ginekologi Dr Marie Thomas tengah ulang tahun ke 125 dirayakan oleh Google.

Google membuat karikatur Dr Marie Thomas menampilkan sosok dokter perempuan diterangi lampu, mengalungi stetoskop sambil menggendong bayi di berandanya.

Dari data Wikipedia, Marie Thomas lahir di Likupang, Minahasa, Sulawesi Utara, 17 Februari 1896. Dia wafat di Bukittinggi, Sumatra Barat, 10 Oktober 1966 pada umur 70 tahun.

Marie Thomas adalah dokter perempuan pertama yang menjadi lulusan Sekolah Pendidikan Dokter Hindia (STOVIA atau Sekolah tot Opleiding van Indische Artsen) pada tahun 1922. Dia kemudian menjadi spesialis bidang obstetri dan ginekologi.

Marie Thomas memulai praktiknya di rumah sakit utama di Batavia bernama Centrale Burgerlijke Ziekeninrichting (CBZ) (sekarang Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo).

Dia kemudian bekerja di Medan, Manado, dan kembali ke Batavia dan bekerja di Rumah Sakit Budi Kemuliaan yang didirikan oleh yayasan SOVIA.