Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda mengatakan, keluhan warga Sangkuriang Kecamatan Sako karena banjir karena bangunan perumahan.

Hal itu disebutkan karena dia sendiri telah turun kelapangan dan melakukan penelusuran.

“Berdasarkan hasil pantauan saya bersama dinas terkait dan RT setempat, bahwa saluran air yang dulunya bisa dialiri kini tertutup oleh pembangunan perumahan sehingga air lama surutnya,”katanya Rabu (3/2/2021).

Disebutkan warga Kelurahan Sako, Kecamatan Sako yang mengalami banjir di seputaran perumahan Sangkuriang memang sangat wajar. Diutarakannya bangunan perumahan yang berdiri itu seharusnya saluran air. Karena tidak ada lagi genangan air hujan akhirnya kabur ke rumah warga hingga menyebabkan banjir.

“Ini ada bangunan yang dibangun permanen diatas saluran air, ini menyalahi, kita minta dinas terkait izin bangunan tersebut,” tegasnya.

Menurutnya, meskipun normalisasi yang kerap dilakukan, katanya tidak akan langsung berdampak untuk mengatasi genangan air. Lantaran saluran air dikawasan tersebut tersumbat.

“Jika memang terbukti menyalahi aturan maka bangunan tersebut wajib dibongkar,” tegasnya lagi.

Sementara waktu untuk mengatasi genangan air tersebut, Fitri mengerahkan alat berah untuk melakukan pengerukan agar tidak terjadi pedangkalan.

“Saya berharap dengan hadirnya secara langsung dari Pemkot Palembang bisa menyelesaikan masalah banjir di perumahan tersebut, mudah-mudahan apa yang disudah dilakukan ini mendapatkan dukungan dari masyarakat setempat, tentunya untuk melakukan gotong-royong per RT nya,”pungkasnya