Detak-Palembang.com – Palembang , Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengikuti rapat evaluasi kegiatan pengendalian karhutla tahun 2020 serta antisipasi karhutla Tahun 2021 secara virtual yang dipimpin langsung oleh Menkopolhukam RI, Moh Mahfud MD. Selasa (09/02)

Sejak HD menjabat Gubernur Sumsel, sejumlah upaya telah dilakukan dalam penanggulangan karhutla., diantaranya mengalokasikan dana khusus untuk urusan pencegahan karhutla. Di Tahun 2020 lalu, sedikitnya Rp45 M digelontorkan bagi 10 kabupaten yang rawan karhutla. Bahkan Sumsel saat itu tercatat sebagai Provinsi pertama yang memberikan bantuan dana penanganan karhutla ke kabupaten/kota.

Hasilnya di 2020 Sumsel termasuk zero asap dan hanya memiliki beberapa titik Hotspot saja.

“Hal tersebut dikarenakan Pemprov Sumsel bersama stakeholder terkait giat melakukan sosialisasi kampanye karhutla hingga tingkat desa dengan melakukan penyebaran maklumat untuk tidak membakar hutan dalam membuka lahan serta aktifitasi posko yang melakukan patroli udara maupun darat”ujar HD.

Menghadapi musim kemarau di Tahun 2021, HD optimis Sumsel kembali menjadi daerah yang bebas asap akibat karhutla. Hanya saja dibutuhkan pengelolaan yang baik terhadap lahan yang dinilai rawan tersebut.

“Dari hasil pemantauan, karhutla ini kerap terjadi di lahan-lahan yang tidak terkelola. Di Sumsel sendiri, dari 1,3 juta hektar lahan, lebih dari 50% merupakan hutan kawasan dan sebagiannya tidak produktif. Sebab itu, kita ingin ada rekomendasi pusat agar lahan tersebut dapat dikelola agar karhutla dapat kita tekan,” tambahnya.

Sebelumnya Menkopolhukam Moh. Mahfud,MD mengatakan untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan dapat dilakukan dengan melakukan monitoring rutin dengan meningkatkan patroli, Penegakan hukum secara tegas kepada pelaku pembakaran hutan, Mencarikan solusi permanen untuk kasus karhutla yang sering terjadi.

Turut hadir Kajati Sumsel, M. Rum, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Prof. Eko Indra Heri S, M.M, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, Danrem 044/GAPO, Brigjen Tni Jauhari Agus Suraji S.I.P, S.Sos, Para Kepala OPD Prov Sumsel