Detak-Palembang.com – Palembang , Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Merdeka, Senin (18/1/). 

Di puskesmas ini, ada delapan tenaga kesehatan yang disuntik vaksin jenis Sinovac, buatan China. Vaksin serupa juga telah diberikan kepada Wali Kota Palembang H Harnojoyo dan Forkompinda, Jumat lalu di RSUD Palembang BARI

“Kita sudah lihat. Vaksinasi berjalan lancar, dan tahap awal ini memang untuk para medis atau tenaga kesehatan. Saya tegaskan juga kalau vaksinasi ini gratis, tidak dipungut biaya,” ujar Fitrianti yang saat kunjungan itu juga didampingi BBPOM Palembang. 

Fitrianti juga mengimbau masyarakat untuk tidak perlu khawatir dengan vaksin yang diberikan. 

“Aman, sudah mendapat izin dari BBPOM.”

Selain itu, bagi warga yang telah SMS untuk vaksinasi, agak mengikuti peraturannya. Setelah divaksinasi, Fitrianti juga mengimbau warga mengikuti protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M. 

“Kita berharap dan berdoa mudah-mudahan dengan pemberian vaksin secara bertahap Insya Allah di tahun 2021 virusnya segera hilang dan ke depan tetap menjaga kesehatan,” kata Fitrianti. 

Ia juga menyatakan siap untuk divaksinasi, tapi saat ini belum mendapat SMS. 

“Saya siap untuk divaksinasi. InsyaAllah di bulan April nanti, yang pasti vaksinasi ini untuk menjaga kekebalan tubuh. Jadi kalau saat ini ada pasien yang diberikan kita bersyukur, paling tidak dengan vaksin ini ada pelindung untuk daya tahan tubuh kita supaya tidak mudah tertular virus.

Di tempat yang sama, Siti Zainurah, salah satu tenaga kesehatan yang mendapat jadwal vaksinasi, mengaku senang karena diberikan kesempatan untuk divaksin.

“Alhamdulillah hari ini berjalan lancar dan lolos skrining. Sehingga vaksinasi biss diberikan. Setelah divaksinasi terasa lebih sehat dan segar,” aku Siti yang merupakan petugas farmasi di RSMH Palembang.