Detak-Palembang.com – Aceh Besar – Komandan Kodim (Dandim) 0101/BS Kolonel Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos., M.Si melakukan peninjauan ke lokasi terjadinya musibah bencana alam tanah longsor tepatnya di Desa Lamkleng Kecamatan Kuta Cot Glie Kabupaten Aceh Besar, Senin (24/01/2021).

Dalam peninjauan tersebut Dandim 0101/BS didampingi Danposramil Kuta Cot Glie Pelda Said A. Bakar beserta anggota, Camat Kuta Cot Glie Imam Munandar Stp, Kapolsek Kuta Cot Glie Ipda M. Isa beserta anggota dan Geuchik Desa Lamkleng beserta perangkat Desa.

Sebagaimana diketahui musibah bencana alam tanah longsor tersebut terjadi akibat hujan deras yang mengguyur sebagian besar di wilayah Kabupaten Aceh Besar tepatnya pada hari Sabtu (16/01/2021) minggu lalu.

Disitu, Dandim 0101/BS menyampaikan kepada pihak Muspika agar penanganan musibah seperti ini bisa dialokasikan dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan yang akan datang seperti relokasi desa, pembangunan tanggul permanen, penghijauan dan lain-lain.

“Agar kedepan tidak terjadi lagi, Saya minta hal ini juga dimasukan dalam alokasi Musrenbang tingkat Kecamatan yang akan datang,” pinta Dandim.

Sementara, bagi masyarakat yang terdampak musibah tersebut, Dandim memberikan motivasi dan semangat baru sehingga masyarakat tidak larut dalam kesedihan.

“Kita harus tetap semangat dan jangan mudah menyerah, karena saya yakin kita pasti bisa hadapi semua ini,” ujarnya saat mengunjungi tenda pengungsian.