Detak-Palembang.com – Palembang , Walikota Palembang H. Harnojoyo memerima audensi dari PT Pelindo II (Persero) Cabang Palembang yang berencana memanfaatkan 135 hektar tanah untuk kembali membangkitkan produksi kopi khas Sumatera Selatan , Kamis (21/1).

Dalam hal ini, PT Pelindo rencana akan menarik investor guna pengembangan pabrik kopi di Pelabuhan Sungai Lais yang dinilai memungkinkan dalam pengembangan pabrik itu sendiri.

“Peran Pelindo sebagai pengelola pelabuhan yaitu memfasilitasi terkait lahan tanah untuk lokasi pabrik yang akan kita kembangkan di Pelabuhan Sungai Lais, karena memang di situ masih memungkinkan untuk pengembangan pabrik,” kata GM PT Pelindo II (Persero) Cabang Palembang, Silo Santoso usai Audiensi bersama Walikota Palembang, H. Harnojoyo,

Silo menuturkan, bahwa hal tersebut merupakan suatu rencana dalam membangkitkan kembali produksi kopi Sumatera Selatan. “Sehingga nantinya kopi Sumatera Selatan ini bisa memberikan kesejahteraan maksimal bagi masyarakat Sumatera Selatan, khususnya dalam Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada umumnya,” ujarnya.

Masih dikatakannya, bahwa saat ini pihaknya sedang menarik investor guna pembangunan pabrik kopi itu sendiri. “Dengan demikian, para petani yang memiliki kebun kopi di Sumatera Selatan ini akan mengirimkan kopinya ke Palembang,” tuturnya.

“Dan keunggulannya di Sungai Lais ini karena memiliki jarak yang dekat dan ongkosnya akan lebih murah. Mengelolanya di Sungai Lais dan Ekspornya juga nanti melalui Pelabuhan Boom Baru,” tambahnya.

Silo juga menyampaikan, dengan adanya pabrik industri yang akan ditempatkan di Sungai Lais, dirinya berharap industri tersebut mampu menyerap para tenaga kerja khususnya di Palembang. Dan juga mampu memberikan PAD Kota Palembang maupun Provinsi Sumatra Selatan . Pungkasnya.