Detak-Palembang.com – Pemulatan Kab OI , Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung ruas Kayu Agung-Palembang-Keramasan, Yang merupakan bagian dari Trans Sumatra yang akan menghubungkan Lampung sampai Aceh . Di gerbang tol Kramasan – Pemulutan Kab Ogan Ilir, Selasa (26/01).

Pada peresmian tersebut, Presiden Joko Widido didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) M Basoeki Hadimoeljono, Direktur Utama PT Waskita Karya, Destiawan Soewarjono, juga turut hadir Gubernur Sumatra Selatan Herman Deru, dan para bupati, walikota se-Sumsel.

Jokowi mengatakan, ruas Kayu Agung-Palembang-Keramasan ini memiliki panjang 42,5 kilometer, sementara jalan tol Kayu Agung-Palembang-Betung secara keseluruhan memiliki panjang 117 kilometer.

“Alhamdulillah, jalan tol Kayu Agung-Palembang sepanjang 42,5 kilometer sudah rampung dan siap digunakan pada hari ini. Jalan tol ini adalah poros terpenting dari jalan Tol Trans Sumatra. Poros utama Sumatra Bagian Selatan. Ruad terakhir yang menghubungkan Bakaheuni ke Palembang,” katanya.

Dijelaskan Jokowi, keberadaan jalan tol ini dapat menghemat waktu tempuh dari Bakauheuni ke Palembang. Dimana yang biasanya membutuhkan sekitar 12 jam dengan jalur darat atau jalan nasional, sekarang cukup hanya 3-3,5 jam saja.

Selain itu, jalan tol ini dinilai sebagai lompatan besar karena menghemat waktu tempuh hingga 75 persen. Dengan selesai dan beroperasinya jalan tol ini, jarak tempuh dari Bakaheuni-Palembang dengan 373 kilometer yang biasanya ditempuh 12 jam perjalanan darat sekarang hanya perlu waktu 3-3,5 jam.

β€œIni jadi lompatan besar karena menghemat waktu tempuh hingga 75 persen. Dan efisiensi ini akan memberikan kontribusi pada penurunan biaya logistik dan kompetitifness daya saing yang besar bagi Palembang, bagi Lampung,” tukasnya.