Detak-Palembang.com Junk Food adalah makanan yang kandungan gizinya rendah, tetapi kaya dengan zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh kita. Biasanya junk food kaya akan gula, lemak trans atau garam. Ketiga komposisi ini dominan dalam makanan tersebut. Lemak trans tidak dibutuhkan dalam tubuh, begitu pula gula dan garam tidak dibutuhkan dalam jumlah yang besar atau banyak. Namun soal rasa, junk food selalu digemari penikmat makanan cepat saji ini.

Dibalik rasanya yang enak dan cepat untuk dikonsumsi, bahaya junk food atau makanan siap saji selalu mengintai kesehatan tubuh Anda. Apalagi mulai dari anak-anak sampai orang dewasa semua menggemari junk food ini. Misalnya saja ayam goreng, pizza, kentang goreng, dan juga hamburger. Bahaya makanan siap saji ini juga terbilang banyak, misalnya seperti obesitas, diabetes, jantung, bahkan sampai kanker.

Di jaman yang serba praktis, banyak juga ibu-ibu lebih memilih pesan makanan junk food dibanding masak masakan rumah sendiri. Padahal kandungan yang dimiliki oleh junk food sangat tidak menyehatkan. 

Berdasar Jurnal Internasional Healthline dan American Journal Of Lifestyle Medicine, beberapa bahayanya menjadi ancaman serius bagi Kesehatan tubuh kita.

Obesitas Mengintai

Banyak orang yang menderita obesitas (berat badan yang melebihi batas wajar), karena sering mengonsumsi junk food. Karena kandungan kalori dan lemak yang melimpah. Jika dikonsumsi berlebihan tentu obesitas akan menyerang tubuh anda secara perlahan.

Selain obesitas, dengan adanya kandungan lemak tinggi pada junk food dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah. Dengan begitu para konsumen akan mudah terkena penyakit stroke dan jantung. 

Resiko Munculnya Kanker

Untuk bahaya junk food yang satu ini sepertinya tidak main-main. Siapa yang tidak tahu penyakit kanker. Banyak orang di dunia yang terserang penyakit kanker, hanya sebagian kecil bisa sembuh, tapi sisanya meninggal dunia. Hal ini terjadi karena belum ditemukannya obat untuk penyembuhan kanker, yang dilakukan selama ini hanyalah untuk mengurangi rasa sakit dan memperlama proses kematian.

Jika Anda mengkonsumsi junk food terlalu banyak, kemungkinan juga Anda dapat terserang penyakit kanker. Ada beberapa riset yang menyatakan bahwa dengan pola makan yang tidak sehat ditambah lagi tidak pernah berolahraga, maka resiko kanker akan mudah menyerang. 

Pola makan tidak sehat yang dimaksud yaitu seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalori, lemak, dan juga rendah serat. Selain itu juga tingginya garam yang ada di junk food mampu memunculkan tekanan darah tinggi dan perut kembung.

Kerusakan Gigi

Bahaya junk food yang selanjutnya yaitu mampu menyebabkan kerusakan pada gigi. Untuk anak-anak sebaiknya harus selalu diperhatikan. Karena pada usia anak adalah saat dimana gigi mengalami pertumbuhan. Jangan sampai dirusak dengan selalu mengkonsumsi makanan junk food. Karena biasanya makanan junk food juga disediakan dengan makanan bersoda yang tinggi kandungan gula dan karbohidratnya. Nah saat minuman ini Anda minum, otomatis bakteri yang berada di mulut akan menghasilkan asam. Asam itulah yang mampu menghancurkan lapisan pelindung gigi dan akibatnya gigi akan berlubang.

Risiko Gangguan Pernapasan

Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi makanan junk food minimal 3 kali dalam seminggu, makan mereka akan beresiko terkena obesitas. Selain itu juga dapat meningkatkan kambuhnya gejala asma. Sedangkan pada orang dewasa, obesitas yang menimpa mereka akan memicu sesak napas, sleep apnea, dan mengi.

Itulah beberapa dampak bahaya junk food bagi anak dan orang dewasa. Mungkin lezat tapi lihat dulu kandungan dan akibatnya untuk tubuh Anda. Mulailah hidup sehat dan perhatikan pola makan, ya. Anda juga bisa berkonsultasi dengan ahli gizi untuk menentukan seperti apa pola makan terbaik untuk kebutuhan nutrisi Anda.