Detak-Palembang.com – Palembang, Pemkot Palembang menurunkan Alat berat dan puluhan Pegawai Harian Lepas (PHL) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR)  dan gabungan Organisasi Perangkat Daerah Kota Palembamg Untuk Pembuatan tanggul di Pulau Kemaro , Minggu (24/1) 

Kerja gotong royong yang telah dilakukan perlahan mulai menunjukan hasil.
Kepala PU PR Kota Palembang Ahmad Bastari  Yusak mengatakan, saat ini pihaknya tengah melakukan tahap awal pembangunan tanggul di pulau tersebut.
“Pembuatan  tanggal untuk mencegah tanah abrasi pulau akibat doronga arus air

Bahan baku utama untuk pembuatan tanggul pun, katanya tidaklah sulit, memanfaatkan Sumber Daya  Alam (SDA) yang ada, pembuatan tanggul untuk perlindungan bibir garis pulau itu dapat dilakkukan dengan mudah.

“Jadi kita memanfaatkan bahan dasar yang ada seperti enceng gondok yang telah diambil dilokasi goro dijadikan bahan untuk timbunan dasarnya, dan tanah dilokasi untuk menutupi permukaan enceng gondok dan baru ditimbun pasir yang juga diambil dilokasi tersebut,” ungkapnya.

Masing masing tanggul dibangun sendiri, kata Bastari dibangunnya sesuai dengan kebutuhan
“Tanggul tersebut memiliki lebar empat meter sampai dua meter, serta memanfaatkan Enceng Gondog yang ada guna menimbun tanggul,” ungkaonya.
Bastari menargetan pemasangan pembuayan tanggul tidak akan berlangsung lama, lantaran ketersedian bahan dasar ridaklah sukit ditemukan.
“Inshaallah pembuatan tanggulnini ridak perlu memakan waktu yang terlalu lama,” jelasnya