Detak-Palembang.com OKU – Merasa kebutuhan biaya hidup semakin meningkat, dan dinilai tak relevan dengan kondisi saat ini, Puluhan Kepala Desa yang tergabung dalam Forum Kepala Desa Kabupaten Ogan Komering Ulu (FKD OKU) mengusulkan kenaikan menjadi 4 juta rupiah/bulan, dari sebelumnya hanya 2,5 juta rupiah/bulan.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar DPRD OKU pada Selasa (26/1/21) sore, Plando, Ketua FKD OKU menyampaikan Usulan kenaikan gaji bagi kepala desa tersebut.

“Kami meminta agar gaji kami ini naik setidaknya menjadi Rp 4.000.000 atau naik dua kali lipat dari besaran gaji sekretaris desa,” ucap pria yang menjabat kepala desa Belatung itu.

Selain itu Plando juga menyampaikan, usulan kenaikan gaji tersebut juga diharapkan mampu menambah semangat kinerja Kepala Desa dalam melayani masyarakat.

RDP dipimpin oleh Ketua DPRD OKU Marjito Bachri dan dihadiri Wakil Ketua I Yudi Purna Nugraha, Ketua Komisi I Ledi Patra, Sekretaris Komisi I Hendro Saputra Jaya, Anggota Komisi I Yoelandre Pratama Putra, Kepala Dinas PMD OKU Achmad Firdaus serta pengurus FKD OKU.

Sementara itu, Ketua DPRD OKU Marjito Bachri, menyambut positif usulan Kenaikan gaji bagi Kepala desa di OKU.
menurut Marjito Kepala desa merupakan ujung tombak pemerintahan di tingkat Desa.

“Memang sudah selayaknya gaji kepala desa ini naik yang mana gaji kepala desa sebesar 2 juta 400 sedangkan gaji sekretaris desa 2 juta, diharapkan nantinya Dinas PMD dapat mengusulkan gaji kepala desa agar dapat dinaikkan,” ujar Marjito.

Kendati demikian, menurutnya haruslah diteliti dan ditinjau kembali apakah sudah sesuai dengan aturan atau belum jika aturannya sudah ada, tidak salah jika kenaikan gaji Kades dilakukan.

Marjito berharap Dinas PMD untuk segera melakukan kalkulasi berapa kebutuhan yang harus disiapkan.
“Kalau kita lihat kenaikan ini, untuk kebutuhan hidup bukan untuk bermewah-mewahan silakan dikalkulasi, jika sudah ditemukan angkanya ajukan ke DPRD, kita pasti mendukung,” tegasnya.

Sementara itu Kepala Dinas PMD Ahmad Firdaus mengatakan apa yang menjadi keinginan dari seluruh kepala desa yang disampaikan oleh Ketua Forum Kades itu sudah menjadi pemikiran dari Dinas PMD OKU.

“Tapi sejauh ini kita terganjal masalah aturan di mana pada tahun 2019 gaji kepala desa hanya Rp 2.000.000 namun setelah keluarnya Peraturan Pemerintah gaji kepala desa naik menjadi 2,4 juta berikut kenaikan gaji para perangkat desa, sesuai dengan peraturan pemerintah paling kecil gaji kepala desa itu sebesar Rp2.400.000/ per bulan,” bebernya.

Untuk itu pihaknya meminta waktu 1 minggu untuk mengkaji hal tersebut,
“Kemungkinan keinginan para kades ini bisa di realisasikan namun wajib dibahas lebih lanjut,” tandasnya.