Detak-Palembang.com PALEMBANG – Pemerintahan Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pendidikan menggelar pelatihan penilaian kinerja kepala sekolah (PKKS) di wilayah Kertapati, Sabtu (5/12/2020) di SDN 209 Palembang.

Niswati, Pengawas Rayon SD Kertapati Dinas Pendidikan Kota Palembang mengatakan, pelatihan penilaian ini memang rutin digelar tiap tahun.

“Tugas kita sebagai pengawas sekolah untuk melihat manajemen dari sekolah dan kepala sekolah,” ucapnya.

Diakuinya inovasi menjadi poin penting dalam suatu penialaian kinerja kepala sekolah.

“Bagaimanana kiat atau cara kepala sekolah untuk memajukan sekolah salah satunya ya dengan inovasi yang disesuaikan dengan keadaan sekolah tentunya” tegas dia.

Seperri sekolah yang berada dikawasan kertapati ini didominasi sekolah rawa karena keadaanya wilayahnya.

“Karena itu, tentu inovasi kepala sekolah pun berbeda dengan sekolah yang tidak berada diatas rawa. Sekolah disini banyak inovasinya salah satunya mereka tetap melakukan penghijauan dengan caranya sendiri,” beber dia.

Menurutnya, untuk dikawasan Kertapati ini banyak sekolah inovasi dari masing-masing kepala sekolah.

“Karena itu kita terus dorong kepala sekolah yang ada di wilayah kita ini agar dapat memajukan sekolahnya lebih baik lagi,” tegasnya

Ada sebanyak 27 SD negeri dan 7 SD swasta yang berada dibawah naungannya.

Sementara itu, salah satu peserta Nuraini mengatakan kegiatan ini merupakan kegiatan yang digelar tiap tahun yang diikuti kepala sekolah tingkat kecamatan.

“Ini pelatihan peningkatan penilaian kepala sekolah setahun sekali kita mengikuti ini,” ujar Kepala SDN 95 Palembang ini.

Ia mengatakan dalam pelatihan ini semua kinerja kepala sekolah di evaluasi. “Mulai dari administrasi, disiplin, kinerja, inovasi dan lain sebagainya,”pungkasnya