Detak-Palembang.com PALEMBANG- Pada momen peringatan hari ibu jatuh pada 22 Desember besok, diisi oleh Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianto Agustinda untuk berkunjung ke pantai jompo Tresna Werdha Senin,(21/12/2020).

Ada cerita sedih dari pertemuan Wawako itu. Finda nama sapaan Wawako langsung disambut hangat 61 orang lanjut usia (lansia).

Tiba-tiba ada kumpul lansia ada suara yang meminta makanan kepadanya. Bahkan menyebut dengan kata-kata donatur kepadanya, tidak tau yang didepannya Wawako Palembang.

“Donatur, kami pengen (ingin) makan Laksan, Burgo, Celimpungan, Pempek dan Kacang Hijau, kalau datang lagi kesini ya donator,” kata penghuni panti jompo itu kepada Fitri Senin,(21/12/2020)

Ternyata mereka ingin mencoba makan khas Palembang, kala dulu masih muda selalu disantapnya. Lalu Finda bertanya apa lagi dibawakan kalau dia kembali lagi berkunjung.

“Kami ingin makanan yang lembut, karena kami sudah tidak punya lagi gigi,”ucap penghuni panti jomblo yang lain.

Ucapan polos para lansia itu membuat Finda menitihkan air mata. Dia merasakan penghuni panti jompo sebenarnya merindukan kehangatan di rumahnya. Mereka juga rindu keluarga, anak dan cucunya.

“Begitu besar harapan mereka ingin kembali berkumpul dengan anak-anak mereka,” kata Finda

Di momen hari ibu ini, Finda berpesan kepada semua anak jangan sia-siakan Ibu dan kedua orang. Mereka membesarkan merawat tidak pantas apabila harus hidup menderita tanpa kasih sayang keluarga.

“Jangan lupakan jasa kedua orang tua kita,”ucapan

Pada hari itupun Finda memberikannya jaminan kesehatan dengan memberikannya kartu Indonesian sehat (KIS).

“Alhamdulilah tadi sempat bicara dengan mereka dan pengurus panti, mereka tanpa kurang satu apapun, kita bertanya masalah kesehatan mereka punya Kartu Indonesia Sehat ( KIS), jadi tidak khawatir ada Puskesmas dan RS yang siap menjaga mereka,”pungkasnya