Detak-Palembang PALEMBANG – Badan Informasi Geospasial (BIG) memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bhumandala Award 2020.

Acara yang digelar di Hotel Borobudur Jakarta, pada Jumat 27 November 2020 dihadiri oleh Wakil Walikota (Wawako) Palembang, Fitrianti Agustinda. Kepala Badan Informasi Geospasial (BIG), Prof. Dr. Ir. Hasanuddin Zainal Abidin langsung memberikan kepada Wawako yang hadir dalam acara tersebut.

Pemkot Palembang berhasil mengembangkan Simpul Jaringan dan memanfaatkan informasi Geospasial guna mendukung pelaksanaan kebijakan satu peta dan pembangunan yang berkelanjutan.

“Yang pastinya apa yang telah kita raih selama ini, semua itu tidak luput dari kerjasama semua pihak serta dukungan dari masyarakat kota Palembang. Terima kasih juga kepada Badan Informasi Geospasial yang telah mempercayai Pemerintah kota Palembang untuk menerima penghargaan ini,” ungkap Fitrianti Agustinda.

Diketahui Bhumandala adalah penghargaan bergengsi yang memiliki komponen 5 pilar Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN). 5 pilar tersebut diantaranya adalah kebijakan, kelembagaan, sumberdaya manusia, standar dan teknologi.

Penghargaan ini dinilai berdasarkan metode monitoring dan evaluasi sesuai amanat Perpres Nomor 9 tahun 2016 tentang Percepatan Kebijakan Satu Peta (PKSP) serta komitmen penyelenggaraan Informasi Geospasial yang mengacu pada satu standar, satu referensi, satu database spasial, dan satu geoportal

Selain dihadiri oleh Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda, hadir juga dalam acara Bhumandala Award 2020, Kepala Dinas PU dan Penataan Ruang (PUPR), Ahmad Bastari serta Pejabat dan para staff lainnya.