Detak-Palembang.com PALEMBANG- Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pariwisata menggelar lomba perahu Bidar Mini yang disiarkan secara live streaming via Instagram Minggu,(15/11/2020)

Hal itu dilakukan di tengah pandemi agar masyarakat Kota Palembang tetap bisa menikmati event di kemas secara darling via media sosial (Medsos).

Kegiatan itu sendiri dilakukan beberapa sesi masyarakat menikmati babak penyisihan sejak pukul 10.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Lalu live streaming dilakukan kembali pada pukul 14.00 WIB sampaikan pukul 16.00 WIB untuk babak final.

Kepala dinas Pariwisata kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, saat pelaksana kegiatan pun para peserta dan panitia juga mengutamakan penerapan protokol kesehatan.

“Kita tentunya menerapkan protokol kesehatan melakukan 3M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan mereka diwajibkan membawa hand sanitizer dan menjaga jarak,”katanya Minggu,(15/11/2020)

Dilanjutkannya pihaknya membuat event bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan Palembang. Menurutnya
tradisi lomba bidar merupakan khazanah budaya Palembang yang terus dilestarikan.

“Kota Palembang dari sejak lama dikenal sebagai kota Sungai, dimana dulu ada ratusan anak sungai yang mengelilingi kota ini. Perahu bidar adalah salah satu alat transportasi pada masa itu bahkan hingga kini,”pungkasnya