Detak-Palembang.com PALEMBANG-Seluruh bangsa Indonesia sebentar lagi akan memperingati Hari Pahlawan. Peringatan Hari Pahlawan pada tahun ini jatuh pada Selasa, 10 November 2020.

Adnan Kapau Gani atau biasa disingkat A.K. Gani adalah pahlawan Kota Palembang. Dialah yang memimpi peperangan lima hari lima malam warga Palembang melawan Belanda.

Kini untuk mengapresiasi perjuangannya, rumah pribadi A.K Gani di Jalan MP Mangkunegara Nomor 1 Sukamaju, Kecamatan Ilir Timur II, Palembang, yang dibangun pada 1956 lalu, masih berdiri kokoh dan beralih fungsi menjadi museum.

Namun aneh nya Kepala Museum G.I.Priyanti Gani mengatakan, sejak rumah pribadi A.K Gani dijadikan Museum tahun 2004 banyak sekali turis mancanegara yang datang namun semuanya orang Belanda. Disebutnya dalam sebulan ada 10 turis mancanegara pasti yang datang.

“Paling banyak itu yang datang turis dari Belanda. Kalau negara lain itu ada Australia, Inggris, Brunei Darussalam,”katanya

Sementara itu untuk pengunjung lokal bisanya ada 60 orang dari kalangan pelajar SMP dan SMA. Pihak museum menggunakan biaya tiket masuk Rp2ribu untuk lokal dan Rp15ribu untuk turis asing.

“Kalau pandemi ini sepi yang datang untuk turis sudah tidak ada lagi. Kalau pesiar juga jarang tidak seperti sebelum pandemi,”tuturnya.

Diakuinya museum A.K Gani belum memiliki fasilitas lengkap seperti museum lainnya. Pihaknya sendiri rencananya akan mendapat bantuan dari pemerintah apabila status museum telah diresmikan nanti.

“Nanti kita akan dibantu oleh museum balaputra dewa. Semoga museum nanti memilik tipe standar akan diperbarui lagi kekurangan fasilitasnya,”pungkasnya.