Palembang, (Pendam II/Sriwijaya).

Detak-Palembang.com – Palembang, Kodam II/Sriwijaya menggelar Sosialisasi Petunjuk Teknis (Juknis) Tentang Penyelenggaraan Pembinaan Mental (Bintal) Rohani Islam, Protestan dan Hindu Tahun Anggaran 2020, Senin (18/11/2020) pukul. 08.00 WIB, bertempat di Gedung Nasution Makodam II/Swj Jln. Jenderal Sudirman KM. 2,5 Kota Palembang.

Adapun tema yang diusung dalam kegiatan tersebut adalah “Melalui Sosialisasi Juknis Tentang Penyelenggaraan Bintal Rohani Islam, Protestan dan Hindu, Kita Wujudkan Kesamaan Persepsi dan Pemahaman Teknis Bintal Rohani Guna Mendukung Tugas Pokok TNI AD”.

Narasumber dalam kegiatan sosialisasi ini dari Dinas Pembinaan Mental Angkatan Darat (Disbintalad) masing-masing antara lain; Letnan Kolonel Caj I Wayan Tagel, S. Ag., M.Si, selaku Ketua Tim Sosialisasi sekaligus sebagai pemberi materi Bintal Rohani Hindu, kemudian  Letkol Caj (K) Tiara Indah Kusuma Ningrum, S.Th., M. Si., sebagai pemberi materi Bintal Rohani Protestan dan Mayor Inf Mukhlis sebagai pemberi materi Bintal Rohani Islam.

Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Agus Suhardi, dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kabintaldam II/Sriwijaya Letkol Inf Drs. Zulkifli menyampaikan bahwa, kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan para pejabat Bintal Satuan agar lebih profesional dalam melaksanakan tugas sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku di lingkungan TNI AD. “Hal ini penting, mengingat bidang tugas Bintal merupakan salah satu bidang yang sangat strategis dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas pokok satuan”, ujarnya.

Begitu pentingnya sosialisasi ini, kepada seluruh peserta Kabintal mengharapkan agar mengikuti kegiatan sosialisasi dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. “Pahami semua materi yang disampaikan, sebagai referensi pada pelaksanaan tugas ke depan di satuan”, ungkapnya.

Sementara itu, selaku Ketua Tim Sosialisasi, Letnan Kolonel Caj I Wayan Tagel, S. Ag., M.Si, mengatakan bahwa, pejabat berwenang dan terkait di satuan sangat berperan dalam mengoptimalkan Bintal Rohani, hal ini berkaitan dengan tujuan mewujudkan mental yang tangguh bagi prajurit.

“Perlunya peningkatan Pembinaan Mental Rohani (Bintalroh) bertujuan membentuk, memelihara dan meningkatkan ketakwaan kepada Tuhan YME sesuai agamanya masing-masing dan didukung dengan Bintalidjuang maka akan semakin meningkatkan rasa cinta tanah air, militan rela berkorban, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur pahlawan yang telah gugur menjaga tegak dan utuhnya NKRI yang kita cintai bersama”, terangnya.

Selain dihadiri beberapa pejabat dari Bintaldam II/Sriwijaya, kegiatan sosialisasi ini juga diikuti oleh 30 peserta yang terdiri dari para Perwira dan Bintara pejabat Bintal dan Personel sebagai perwakilan dari seluruh satuan jajaran Kodam II/Swj di wilayah Garnizun Palembang.