Detak-Palembang.com JAKARTA – Pemerintah Kota Palembang di bawah Pimpinan Walikota Palembang, H. Harnojoyo terus menunjukan konsistennya. Terkait pelayanan terhadap masyarakat, melalui Program-program inovasi yang diciptakan, khususnya dalam inovasi pelayanan publik.

Upaya Wali kota Palembang dua periode tersebut ternyata juga mendapatkan banyak apresiasi, salah satunya yaitu dinobatkan sebagai Kepala Daerah inovatif se Sumatera Selatan (Sumsel), oleh Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, berkat hasil inovasi yang selama ini.

Kita ketahui, bahwa kota Palembang tercatat sebagai kota yang memiliki jumlah inovasi yang mencapai 195 inovasi. Terhitung dari tahun-tahun sebelumnya, hingga di tahun 2020 saat ini .

Melalui penobatan Kepala Daerah Inovatif yang diselenggarakan Sumatera Ekspres (Sumeks), Kemendagri dan Pemerintah Sumsel melalui Virtual, telah diumumkan bahwa kota Palembang mendapatkan nilai tertinggi. Sekaligus menjadi juara se-Sumsel melalui inovasi palayanan publik.

“Kami merasa sangat terharu, dan tentunya bersyukur atas capaian yang sudah didapat. Menurut kami ini sangat penting, karena inovasi dengan tujuan untuk memberikan layanan kepada masyarakat,” kata Harnojoyo saat sambutannya dalam pengumuman Kepala Daerah Inovatif Se Sumsel, melalui Virtual bersama Mendagri, Tito Karnavian dan Gubernur Sumsel, Herman Deru, Rabu (18/11/2020).

Ia juga menambahkan, bahwa pihaknya saat ini memang terus fokus terharap berbagai inovasi yang diciptakan, khususnya dalam bidang pelayanan.

“Kami memiliki konsen terhadap inovasi, apalagi ini kaitannya terhadap layanan untuk masyarakat, agar lebih mudah dan cepat. makanya terus kita lakukan inovasi,” ucap Harnojoyo.

Menurut Harnojoyo, berbagai inovasi yang dihadirkan oleh Pemerintah kota Palembang tersebut. Dinilai telah diadaptasi juga di beberapa daerah lainnya.

Harnojoyo juga bersyukur, bahwa program-program tersebut mampu memberikan inspirasi bagi daerah lain, untuk melakukan hal yang serupa.

“Kami bersyukur inovasi kita ada yang sudah dicontoh daerah lain, seperti
Gotong royong, sholat subuh berjamaah, sekolah filia, poltabes (program layanan tak boleh berhenti sekolah). Bukan hanya dicontoh daerah lain, tapi juga mendapatkan penghargaan Pemerintah Pusat,” tungkasnya.