Detak-Palembang.com PALEMBANG – Perjalanan kehadiran media daring detak-palembang.com yang launching di Swarnadwipa Hotel pada lima tahunan lalu, hari ini menerima kedatangan Tim Verifikasi Faktual dari Dewan Pers (DP) Jakarta.

Kegiatan Verifikasi Faktual tersebut dilaksanakan di kantor operasional detak-palembang.com di Jalan Tanjung Sari 2 No. 24 B Rt 33 Rw. 007 Kelurahan Bukit Sangkal Kecamatan Kalidoni, Kota Pelembang, Provinsi Sumatera Selatan.


Diwakili Jamalul Insan Ketua Komisi Pelatihan, Pendidikan, dan Pengembangan Pers dan Bagian Pendataan Dewan Pers Syafitri Indah Kurnia, yang diterima langsung Pemimpin Redaksi Detak-Palembang.com A. Ghozali Mukti didampingi Kepala Biro (Kabiro) Winandar Rizada dan Redaktur Pelaksana (Redpel) Herry Rosdiana, Selasa (24/11/2020).

Pada kesempatan verifikasi faktual tersebut, Tim dari DP langsung melakukan pemeriksaan sarana dan prasarana (Sapras) kerja serta melakukan verifikasi kelengkapan data perusahaan sebagai landasan perusahaan media Detak-Palembang.com.

Selain itu, Tim Verifikator DP juga memeriksa laman dalam tampilan layar laptop redaksi, khususnya pada karya jurnalistik milik detak-palembang.com, serta hard copy bukti tayangnya, serta melaksanakan tanya jawab langsung dengan Pemred/Penanggungjawab, Redpel, dan Kabiro.

Dalam kesempatan yang sama, Jamalul Insan juga memberikan pembekalan bagi pengelola media daring tentang karya jurnalistik yang komprehensif, jelas, lugas, dan dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat banyak.

“Hal penting yang harus dilakukan oleh rekan-rekan wartawan dalam melaksanakan tugasnya hingga berita itu tayang selalu menjaga etika jurnalistik sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 tahun 1999 tentang Pers Indonesia,” terang Jamalul Insan

Karya jurnalistik, lanjut Jamal, panggilan akrab Jamalul Insan harus memberikan pencerahan, kecerdasan, bermanfaat bagi masyarakat, dan mengedukasi pembaca khususnya serta masyarakat umumnya.

Sementara itu, jajaràn pengelola Detak-Palembang.com menyampaikan terima kasih atas kesempatan hadir Tim Verifikasi di kantor operasional.

Di akhir kegiatan verifikasi dilakukan foto bersama dengan bukti hasil verifikasi faktual di dalam sebuah map bertuliskan dan berlogo Dewan Pers.

“Hasil verifikasi faktual ini akan dibawa ke Jakarta dan menjadi bahan rapat Dewan Pers,” pungkas Jamal, sekaligus pamitan untuk melaksanakan tugas berikutnya di Kota Palembang. (Red)