Wali Kota Palembang Harnojoyo saat berbincang dengan siswa disela-sela acara launching WiFi gratis

Detak-Palembang.com PALEMBANG- Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melaunching WiFi gratis untuk siswa SD dan SMP digagas oleh Dinas Pendidikan dilaksanakan Rumah Dinas Walikota Jalan Tasik Rabu,(7/10).

“Bagaimana senang tidak dapat wifi gratis? Jangan gunakan untuk main games ya! Gunakan sebaiknya untuk keperluan belajar,”kata Wali Kota Palembang Harnojoyo saat berbincang dengan siswa disela-sela acara tersebut.

Dalam acara launching WiFi gratis Harnojoyo juga melakukan percakapan dengan siswa melalui virtual.

Dia berbicara dengan Amelia Siswi SMPN 5. Kirana mengatakan, dia membeli kuota Internet biasanya seharga Rp 15 ribu itu pun digunakan untuk beberapa hari saja.

“Sekarang Alhamdulillah ya, bersyukur dan maksimalkan WiFi dengan baik untuk belajar,”jawab Harnojoyo

Harnojoyo mengungkapkan apresiasinya terhadap Dinas Pendidikan kota Palembang. Dikatakannya dengan adanya fasilitas WiFi gratis yang diberikan bagi siswa guna proses pembelajaran sistim Daring. Disebutnya menjadi jawaban adanya kendala dikeluhkan siswa dan orang tentang mahalnya kuota internet.

“Jadi tidak ada alasan lagi bagi siswa kita untuk belajar, ataupun keluhan bahwa biaya kuota mahal. Ini memang baru 60 titik, kurang lebih 60 sekolah, sekolah kita ini keseluruhan dari SD dan SMP ada 309. InsyaAllah dalam waktu dekat, mungkin di tahun 2021 ini semua akan mendapatkan fasilitas gratis ini,”paparnya

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan kota Palembang, Ahmad Zulinto mengatakan, pihaknya menggunakan dana BOS. Lantaran di dalam petunjuk tehnis BOS Kemendikbud, boleh digunakan untuk WiFi atau untuk internet.

“Saat ini mungkin baru 60 titik, tapi kita terus berjalan. Memang kemarin sempat berkendala di peralatan. Kita harus membuat 400 titik, karena di daerah pemukiman itu juga harus kita pasang,”katanya

Terkait sistem akses WiFi tersebut, Zulinto menyampaikan, bahwa akses internet gratis tersebut juga tidak hanya dapat digunakan oleh para siswa, melainkan dapat digunakan juga oleh para guru, baik PNS ataupun Honorer.

“Keperluaan administrasi sekolah secara online juga bisa digunakan. Jadi bukan hanya belajar saja,” jelasnya.

Terkait teknis dalam pengaksesan jaringan internet gratis tersebut, Zulinto juga menjelaskan, bahwa akan ada user name ataupun pasword yang dapat digunakan oleh masing-masing siswa ataupun guru, yaitu Nomor Induk Siswa bagi siswa, Nomor Induk Pegawai (NIP) bagi guru PNS.

“Kalau yang belum PNS dia menggunakan NUPTK. Nah, kalau yang belum NUPTK namun dia masih honorer, nanti akan kita carikan kodenya bagaimana. WiFi ini bisa diakses 24 jam, namun ada yang memang kita kunci, seperti Game ataupun hal-hal negatif,”pungkasnya