Detak-Palembang.com PALEMBANG – Dinas Kebudayaan Kota Palembang menggelar Pameran Temporer di Museum Sultan Mahmud Badaruddin(SMB) II bertajuk “Venesia dari Timur”. 

Acara ini secara resmi dibuka oleh Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, di halaman Dinas Kebudayaan Palembang, Senin (12/10/2020). 

Tujuan pameran ini adalah mengedukasi dan mengingatkan masyarakat tentang betapa berharganya sungai bagi kota Palembang. 

“Kita (Palembang, red) ini dulu terkenal karena sungainya, jadi harapannya dengan merawat sungai-sungai kecil yang dijulukan Venesia dari Timur itu hidup lagi. Kebetulan hari ini juga bertepatan dengan Hari Museum Nasional,” ujar Kepala Dinas Kebudayaan Kota Palembang, Zanariah.

Pameran ini berlangsung selama 12 Oktober – 12 Januari 2021 dengan memamerkan puluhan koleksi miniatur kapal, perahu, ukiran-ukiran, foto kota Palembang sebelum masa kemerdekaan hingga barang-barang bersejarah Kota Palembang. 

“Ini baru sebagian koleksi, nanti ke depan kami pamerkan lagi koleksi lainnya agar pengunjung lebih semangat. Kunjungan tetap sesuai protokol kesehatan,” kata Zanariah. 

Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda menambahkan, pameran ini mengingatkan kembali semua pihak termasuk generasi muda agar menjaga kebersihan sungai. 

Selain itu, ia berharap dapat mengundang para siswa/kalangan pelajar datang ke Museum SMB II agar mereka dapat mengetahui sejarah kota Palembang. 

“Kami juga berharap pameran seperti ini bisa menjadi motivasi dan semangat bagi generasi muda untuk menjaga kawasan sungai kita. Karena kebersihan bibir sungai adalah prioritas kita, sehingga destinasi wisata Palembang mumpuni,” ujar Fitrianti.