Detak-Palembang.com PALEMBANG- Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang sangat peduli dan perhatian dengan warganya. Karena khawatir musim penghujan semua pohon dipangkas agar tidak terjadi musibah.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) Kota Palembang, Affan Prapanca Mahali mengatakan musim penghujan disertai angin kencang pada malam membuat pemerintah melakukan antisipasi.

“Saya turunkan 50 anggota PRKP untuk melakukan pemangkasan pohon di seluruh Kota Palembang,”kata Jumat,(23/10)

Disebutkannya pemangkasan dikonsentrasikan dilakukan pada malam hari agar tidak menganggu aktifitas warga. Pemangkasan pohon baru dilakukan 30 persen karena pohon besar di Palembang notabene sangat banyak khususnya di jalan-jalan protokol.

“Lagi berjalan sekitar 30 persen pekerjaan berlangsung. Karena apabila tidak dilakukan berbahaya sekali kalau pohon tumbang dan menimpah warga,”tuturnya.

Dia juga menuturkan pemangkasan bukan berarti pemotongan pohon. Karena pemangkasan juga dilakukan oleh pihaknya dengan mengedepankan estetika.

“Pohon besar juga untuk mempercantik Kota Palembang. Artinya kita bukan melakukan pemotongan tapi pemangkasan. Pemangkasan juga sangat mementingkan unsur estetika menjaga tetap pohon terlihat cantik tapi rapi,”tuturnya lagi

Selain itu dia juga memberikan informasi kepada warga tidak hanya di area jalan protokol di Palembang. Dia menyebutkan apabila di daerah rumah warga baik komplek atau perkampungan ada pohon besar rawan tumbang seger melaporkan.

“Ada pohon berbahaya, rawan tumbang hubungi saja kami. Tentunya akan kita tindak lanjuti,”pungkasnya