Detak-palembang.com – Aceh Besar – Babinsa Koramil 03/Lhoknga Kodim 0101/BS, Serda Muliadi mengunjungi salah satu tempat pemasaran kerajinan rotan di Desa Lamgaboh Kecamatan Lhoknga Kabupaten Aceh Besar, Kamis (15/10/2020).

Sebagai salah satu sentra produksi kerajinan rotan di Aceh Besar, pengrajin rotan tersebut membuat dan menjual berbagai kerajinan rotan seperti keranjang, tudung saji, tampi, tempat buah, pot hias dan ragam jenis lainnya.

Pemasarannya hingga ke luar Aceh Besar bahkan hingga ke berbagai propinsi di Indonesia.

Dimasa pandemi seperti sekarang ini, pengrajin rotan juga mendapat imbas yang luar biasa yakni Kurangnya dana untuk membeli bahan baku, permintaan yang sangat minim, membuat para pengrajin mengalami kesulitan dalam menjalankan usahanya.

Menurut keterangan salah seorang pengrajin dan penjual kerajinan rotan, Ibu Fauziah, omset yang mereka dapatkan sangat menurun, hal ini karena kurangnya daya beli masyarakat Kendati jarang laku, kelompok pengrajin tetap memproduksi kerajinan dalam jumlah sedikit.

Mereka menjualnya kepada pemesan yang terbatas, selebihnya menyimpan untuk stok, harapannya, jika virus corona telah pergi, akan mudah menjualnya kembali,termasuk mengirimkan pesanan ke sejumlah wilayah Aceh lainnya.

“Biasanya hampir setiap hari Sabtu dan Minggu, banyak pembeli, karena para pembeli di dominasi oleh para pengunjung ke beberapa objek wisata di Pantai Lhoknga, saat mereka pulang, mereka mampir dan membeli kerajinan rotan tersebut, tapi semenjak ada virus corona, tidak seramai dulu, ada laku beberapa saja.” keluh Ibu Fauziah.

Serda Muliadi dalam kesempatan tersebut menyampaikan agar para pedagang ataupun pengrajin tetap semangat dan terus berkarya dalam menghasilkan kerajinan rotan sebagai sumber penghidupan, untuk pemasaran produk di masa pandemi, Serda Muliadi menyarankan agar para pengrajin atau pedagang kerajinan rotan, memamfaatkan layanan Online dalam memasarkan produknya.

“Tetap semangat, mamfaatkan internet sebagai sarana pemasaran, tetap memproduksi walau dalam skala kecil dan yang paling penting, mari sama-sama kita berdoa kepada Allah SWT, agar pandemi ini segera berakhir dan semuanya kembali seperti sediakala.” Pungkas Serda Muliadi.

Babinsa Koramil 03 Lhoknga_1.jpg
Babinsa Koramil 03 Lhoknga_2.jpg
Babinsa Koramil 03 Lhoknga_3.jpg
Babinsa Koramil 03 Lhoknga_4.jpg
Babinsa Koramil 03 Lhoknga_5.jpg
Babinsa Koramil 03 Lhoknga_6.jpg