Detak-Palembang.com PALEMBANG- Permasalahan sampah menjadi persoalan berat bagi setiap Kota di Indonesia. Hal itu membuat Wali Kota Palembang Harnojoyo mengimbau warganya jangan sampai membuang sampah sembarang.

“Bukan hanya Kota Palembang, Kota-kota lain di Indonesia akan menjadi tumpukan sampah,”kata Harnojoyo Jumat,(23/10/2020)

Hal itu terkuak saat Walikota menghadiri Executive Sharing Implementasi Cofiring Biomassa dan Refused Derived Fuel (RDF) melalui Video Conference Via Aplikasi Zoom Cloud Meeting bersama Direktorat Jenderal Energi Baru dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya
Mineral Republik Indonesia. Disana orang nomor satu di Kota Palembang ini mengetahui semua persoalan di Indonesia adalah sampah.

“Sampai menjadi permasalahan utama semua Kota di Indonesia. Semakin hari sampah semakin numpuk,”jelas lagi.

Menurutnya dari hasil Zoom Cloud Meeting bersama Direktorat Jenderal Energi Baru dan Konservasi Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya
Mineral Republik Indonesia pihaknya mendapat solusi untuk mengatasi sampah. Bagaimana menyelesaikan sampah dengan menggunakan teknologi.

“Walaupun bagaimana kita harus pikirkan dulu dengan menyelesaikan sampah menggunakan teknologi. Terpenting itu harga murah rama lingkungan dan bisa menghasilkan. Teknologi itu yang nanti akan dicarikan solusinya,”ucapnya lagi

Kendati demikian terutama yang paling diharapkan Harnojoyo kesadaran warganya terkait menjaga kebersihan Kota Palembang.

“Simplenya begini jangan buang sampah. Satu kantong plastik saja bisa membuat selokan banjir,”pungkasnya