Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda

Detak-Palembang.com, PALEMBANG- Kasus pembuangan bayi ternyata direspon tegas oleh Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda. Dia menyatakan meminta aparat kepolisian mengusut tuntas ibu mana yang rela membuang anaknya tersebut.

Diakuinya secara pribadi ia sangat mengecam perbuatan kejam dilakukan orang tua bayi rela membuang anak sendiri ke tempat sampah. Dengan adanya informasi ini, Finda menyebutkan pihaknya akan menyelidiki siapa pelakunya.

“Kami Pemerintah Kota Palembang, bersama pihak kepolisian akan mencari siapa pelakunya,”tegasnya saat di bincangi di ruang kerjanya Selasa,(27/10/2020)

Dilanjutkannya pemerintah memiliki wewenang memelihara warga Kota Palembang yang terlantar atau ditelantarkan. Dengan demikian dia menyatakan bayi laki-laki tersebut sekarang menjadi tanggung jawab pemerintah.

“Bayi itu sekarang dilindungi pemerintah. Kita mempunyai dinas sosial memang mempunyai kewenangan mengawasi masyarakat yang terlantar tidak punya tempat tinggal. Tentunya bayi itu akan kita rawat di panti asuhan yang dimiliki pemerintah,”tuturnya.

Selain itu dengan kejadian ini dia juga menegaskan generasi muda di Kota Palembang harus mendapatkan pendidikan agar hal itu tidak lagi terjadi.

“Pergaulan bebas itu harus ada batasannya! Generasi muda di Kota Palembang harus diberikan pendidikan,”tuturnya

Menurut Finda nama sapaan Wawako kemungkinan besar juga pelaku adalah pasangan muda yang masih labil dalam menjalankan kehidupan rumah tangga.

“Pembinaan juga akan diberikan kepada pasangan muda. Memasuki usia cukup dewasa ketika mereka ke jenjang pernikahan mereka harus diberikan bekal juga. Mereka harus tau apa yang akan dihadapi ketika menikah agar tidak lagi terjadi perbuatan tidak baik ini,”paparnya