Detak-Palembang.com PALEMBANG- Keelokan tepi sungai Musi tercemar akibat banyaknya sampah dibuang warga. Hal itu membuat Pemerintah Kota (Pemkot) harus turun tangan untuk membersihkan area tersebut.

Hal itu lantas membuat Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang geram dengan memberikannya imbauan agar warga meningkatkan kesadaran. Dia menilai apabila sifat jorok warga tidak hilang pihaknya sendiri tidak akan pernah selesai menyelesaikan persoalan sampah yang terus menjadi pekerjaan rumah (PR) Pemkot.

“Kalau tidak ada kesadaran dari warga yang terus membuang sampah di area sungai, ya jelas masalah ini tak akan selesai,” paparnya usai gotong royong di kawasan 9 Ulu, 10 Ulu dan 11 Ulu, Jumat (02/10/2020).

Dilanjutkannya pihaknya berencana akan membuatkan kotak sampah di setiap pelataran pinggiran sungai Musi. Dia berharap juga kotak sampah digunakan warga dan juga di rawat jangan sampai rusak apa lagi hilang.

“Kita akan sediakan kotak sampah dengan jarak 25 meter tiap kotaknya. Semoga ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah di sungai lagi,” harapnya.

Pihkanya juga kedepan akan menindak warga apabila kedapatan membuang sampah. Hal itu sebagai efek jera agar sifat jorok dan bandel warga Palembang bisa di ubah.

“Sudah ada Perwalinya tentang sampah. Siap-siap saja menerima sanksinya bila kedapatan,” tegasnya.