Kasat Lantas Polrestabes Palembang Kompol Yakin

Detak-Palembang.com PALEMBANG- Kejadian mobil ambulans digunakan untuk Hantaran pernikahan di Palembang, Sumatera Selatan menjadi heboh, setelah video tersebut beredar di instagram. 

Kepala Satuan Polisi Lalulintas (Kasat Lantas) Polrestabes Palembang Kompol Yakin mengatakan, penggunaan mobil ambulans untuk hantaran pernikahan tidak diperbolehkan.

Sebab, fungsi dari ambulans merupakan untuk membawa pasien sakit atau jenazah.

“Dalam undang-undang lalulintas tidak ada sanksi pidana (penggunaan mobil ambulans), tapi saya akan lihat dulu bagaimana kondisi sebenarnya,”kata Yakin,saat dihubungi melalui telepon, Selasa (20/10/2020). 

Yakin menjelaskan, jika pun ambulans itu digunakan di luar fungsi, seluruh atribut harus dicopot. Seperti stiker, hingga lampu sirine sehingga menjadi seperti mobil pribadi. 

“Selain itu, dalam kondisi saat ini kepolisian juga tidak mengeluarkan izin untuk keramaian,”ujarnya. 

Dalam video terlihat dua orang berpakaian hazmat mengantarkan pasangan pengantin dengan mobil ambulans beredar di media sosial Instagram.

Video berdurasi 1 menit 23 detik itu menjadi viral setelah diunggah akun Instagram @sumsel.24jam.

Kasi pencegahan dan Penyakit Menular dari Dinas Kesehatan Kota Palembang Yudhi Setiawan saat dikonfirmasi membenarkan adanya mobil ambulans yang disalahgunakan.

Menurut Yudhi, ia tidak mengetahui secara pasti kapan ambulans tersebut digunakan untuk mengantar pengantin. Namun, ia menduga hal itu dilakukan pada Minggu kemarin.

“Saya sudah lihat juga pagi tadi, itu ambualns dari klinik swasta,”pungkasnya