Wawako Palembang

Detak-Palembang.com PALEMBANG- Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang
Fitrianti Agustinda kembali melakukan sidak kepada pedagang yang menjajakan prodak dan makannya tanpa izin dari BBPOM.

Beberapa waktu lalu sidak dilakukan di sebuah pasar tradisional. Kali ini sidak dilakukan di sebuah mall Internasional Plaza (IP). Alhasil pihaknya menemukan banyak prodak lokal seperti kelempang dan kerupuk dan beberapa makanan lainnya yang didalam kemasannya tidak ada label izin baik itu dari Dinas Kesehatan dan BBPOM.

Hal inilah yang menjadi landasan dasar Pemkot Palembang bersama BBPOM untuk menjadi filter dalam mengusut tuntas produk makanan yang mengandung zat berbahaya serta izin edar makanan tersebut dari pihak yang berwenang.

“Dari hasil pantauan di Supermarket Superindo IP tidak ditemukan bahan makanan mengandung zat berbahaya, namun ada beberapa prodak makanan lokal dan lainya yang tidak disertai izin dari BBPOM. Maka dari itu prodak tersebut kita stop peredarannya, karena belum diuji dari sisi kesehatannya,”kata Wawako Senin, (21/9/2020)

Dia pun berpesan kepada BBPOM juga harus melakukan tindakan kembali jika suatu tokoh atau supermarket yang sudah melakukan pengujian. Lalu diperiksa sample makanan yang dijual, maka dari BBPOM sendiri harus memberikan sebuah apresiasi dengan memberikan sebuah bener bahwa tokoh tersebut bebas dari penjualan prodak makan yang mengandung zat-zat berbahaya.

“BBPOM juga harus bertindak ekstra setelah memberikan izin juga harus mengecek ke lapangan,”tegasnya

Ditempat yang sama Arofa Kepala BBPOM kota Palembang menambahkan bahwa hasil temuan ini kita tindak lanjuti dengan memberikan sanksi administrasi dan pembinaan kepada mereka yang lalai dalam menerima masuk prodak makanan yang tidak disertai izin dari dinkes dan BBPOM.