Detak-palembang.com – Banda Aceh –  Dalam rangka menyambut perayaan HUT Ke-75 TNI, Kodam Iskandar Muda melaksanakan kegiatan donor darah di Aceh, 22 September hingga 23 September 2020.

Panglima Kodam IM, Mayjen TNI Hassanudin S.I.P, M.M menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk memenuhi ketersediaan darah cadangan di Aceh. Apalagi Palang Merah Indonesia melaporkan stok darah di Aceh mulai menipis.

Oleh sebab itu, kata Panglima, dengan dilaksanakannya kegiatan donor darah secara terpadu di tiga tempat, yakni Makodam IM Banda Aceh, Korem 011/Lilawangsa Lhokseumawe dan Korem 012/Teuku Umar Meulaboh, dapat memenuhi stok darah bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Berangkat dari kebutuhan darah tersebut, maka kami berupaya mengumpulkan 2.000 pendonor, yang terdiri dari TNI AD, TNI AL, TNI AU, Polri dan masyarakat,” ujar Mayjen TNI Hassanudin.

Panglima juga mengatakan bahwa dalam pelaksanaan kegiatan donor darah ini pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, di antaranya mengatur antrian administrasi, mencuci tangan, pengecekan suhu tubuh dan menjaga jarak.

“Semua rangkaian kegiatan peringatan HUT Ke-75 TNI ini selalu mempedomani pelaksanaan protokol kesehatan secara disiplin,” tegas Pangdam.

Sementara itu, di tempat terpisah, ketua penyelenggara kegiataan, Kolonel Inf Robby Suryadi S.Sos menjelaskan pihaknya mengatur pelaksanaan kegiatan ini dengan disiplin guna mencegah penyebaran dan penularan Covid-19.

“Target kita 2.000 kantong darah, sudah kita bagi, Kodam IM 1.000, Korem Lhokseumawe 500 dan Korem Meulaboh 500. Setiap peserta juga kita bikin jadwal donornya, hari ini ada 500 orang, saya bagi waktunya,” katanya.

“Pada saat pendataran juga, tetap mengikuti protokol kesehatan, tempat duduknya kita perhatikan sekali, sosial distancing,” ungkap Kolonel Inf Robby, yang juga menjabat sebagai Aster Kasdam IM ini.

Untuk diketahui, Pangdam IM juga ikut mendonorkan darahnya dalam kegiatan bakti sosial yang bekerjasama dengan PMI Kota Banda Aceh. Kegiatan ini juga digelar secara serentak di seluruh Indonesia.

Turut hadir dalam kegiatan donor darah ini, Irdam Brigjen TNI Ahmad Faisal S.Sos M.Soc Sc, Kapok Sahli Pangdam IM Brigjen TNI Bambang Indrayanto, pejabat utama Kodam IM, LO AL, LO AU, dan Danlanud SIM.