Detak-palembang.com – Palembang – Gubernur Sumsel H. Herman Deru menggelar rapat kerja bersama Ketua DPD RI LaNyala Mahmud Mattalitti, Wakil Ketua DPD RI Sultan B. Najamudin beserta Anggota DPD RI di Griya Agung Palembang, Senin (21/9).

Adapun kedatangan Ketua DPD RI beserta anggotanya ini dalam rangka melakukan penyerapan aspirasi masyarakat daerah sekaligus pengawasan termasuk dalam rangka di masa pemulihan ekonomi akibat pandemi covid-19. Selain itu mereka juga bermaksud mengetahui kemajuan pembangunan daerah melalui kegiatan ekonomi dan investasi Provinsi Sumsel.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Herman Deru mengaku bangga atas kehadiran dari Ketua DPD RI, Wakil Ketua DPD RI beserta Ketua Komite, ini menurutnya angin segar bagi Sumsel.

“Saya bangga semua lengkap disini, ini merupakan komitmen DPD RI yang langsung turun kelapangan bahwa lebih agresif dan mencari informasi bukan sekedar menerima ini tentu angin segar bagi kita. Artinya DPD RI bukan tempat untuk bertanya serta menyampaikan aspirasi tapi DPD RI juga ikut menyelesaikan masalah,”ungkapnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan dimasa pandemi Covid-19 Provinsi Sumel telah merofocusing anggaran dengan sesuai kondisi daerah sehingga pembangunan masih tetap berjalan.

“Kita merecofusing dengan menkondisikannya dengan kondisi daerah sehingga pembangunan tetap berjalan. Saya juga selalu berdiskusi dengan DPRD Sumsel dan Alhamdulilah dimasa refocusing ini setiap pembangunan tidak ada yang terlambat,” katanya.

Disamping itu, Herman Deru menyampaikan beberapa program prioritas selama masa kepemimipinannya selama dua tahun bersama Wakil Gubernur Mawardi Yahya. Sedikitnya ada tiga program prioritas yang telah dilakukannya yakni infrastruktur jalan ada juga di bidang pertanian serta peningkatan pertumbuhan ekonomi di masa pandemi covid-19.

“Selama 2 tahun ini dalam kepemimpinan saya bersama pak Wagub masih konsen pada pembangunan infrastruktur yang merata sampai ke pelosok desa, juga peningkatan pertanian dan menggerakan perekonomian,” Katanya.

Selain pembangunan infrasturuktur, di masa Pandemi Covid-19 ini lanjut HD pertumbuhan ataupun pemulihan ekonomi ini juga menjadi fokusnya diantaranya bidang pertanian, perkebunan serta UMKM.

“Kita termasuk yang paling tinggi di pulau Sumatera. Pemulihan ekonomi yang saat ini adalah memberdayakan UMKM, tidak hanya ddiberi permodalan tapi keterampilan termasuk pemasaran. Bahkan saya sampai disebut Gubernur endorse hal ini juga salah satu mempertahkan ekonomi melalui UMKM,” ungkapnya.

“Pertanian dan perkebunan juga di Sumsel semakin baik. Kalau pertanian surplus, kita temasuk provinsi ke 5 terbesar di Indonesia penghasil pangan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DPD RI LaNyala Mahmud Mattalitti mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Sumsel yang telah menggelar rapat kerja ini.

Dia menjelaskan bahwa dalam hubungan pusat dan daerah, DPD RI untuk memediasi dan memfasilitasi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah baik terkait otonomi daerah, pengelolan sumber daya alam dan ekonomi. Maupun pertimbangan keuangan antara pusat dan daerah.

“DPD RI juga mendengar aspirasi dari stakeholder daerah termasuk dunia usaha dan industri karena tujuan sebagai Wakil Daerah adalah menjadikan daerah sebagai kekuatan ekonomi. Saat ini kita juga sedang mengusulkan rancangan Undang-undang penanaman modal di daerah,” ungkapnya.