Pelaku Pencurian di Masjid

Detak-Palembang.com PALEMBANG- Aksi pencurian di dalam masjid terekam CCTV viral di media sosial (medsos). Alhasil aparat kepolisian Polrestabes Palembang berhasil menangkap pelaku.

Mau tau apa menjadi alasan pelaku nekat menjadi pencuri dan pura pura solat di masjid. Menurut pelaku bernama Desi Apriana (32) dia terpaksa melakukan aksi itu untuk untuk membayar hutang.

“Saya nekat melakukan aksi itu untuk membayar hutang. Uangnya tinggal Rp 50 ribu jadi saya nekat melakukannya,”ucapnya

Namun dari catatan kepolisan pelaku ternyata merupakan spesial pencuri di dalam masjid. Hal itu berdasarkan rekam jejak pada tahun 2015 pernah mencuri laptop di masjid Poltek UNSRI.

“Saya menyesal dan tidak akan mengulanginya lagi,”pungkasnya

Sementara itu saat gelar penangkap pelaku ditangkap di rumah Jalan Sukawinatan, Lorong Tutwuri Handayani, Kecamatan Sukarami saat sedang makan oleh tim gabungan Kepolisian Resor Kota Besar (Porlestabes) Palembang, Kamis (3/9) sekitar pukul 21.00 WIB.

Berita sebelumnya ia ditangkap karena melakukan pencurian di Jalan Harapan Jaya, Kecamatan Kalidoni, tepatnya di Masjid Ar-Rahman, Jumat (28/8) sekitar pukul 15.30 WIB lalu dan terekam CCTV pengawas masjid dan sempat viral di media sosial (medsos).

Kapolrestabes Palembang, Kombes Pol Anom Setyadji mengatakan, anggota gabungan Polrestabes Palembang yakni Team Khusus Anti Bandit (Tekab) 134 dan Unit Pidana Umum (Pidum) Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polrestabes Palembang berhasil menangkap pelaku yang viral melakukan pencurian di dalam Masjid pada saat korban Samidariah (65) sedang shalat di Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Jadi pada saat korban tengah melakukan shalat berjamaah, pelaku masuk secara diam-diam kemudian membuka satu persatu tas korban setelah itu langsung pergi,” ujar Kombes Pol Anom, Jumat (4/9).

Ia menuturkan, saat ini anggotanya masih memeriksa apakah ada laporan-laporan terkait ulah yang sama diduga dilakukan pelaku. “Pelaku berhasil diamankan di rumahnya tanpa ada perlawanan, saat ini pelaku masih dalam proses penyelidikan dan penyidikan,” katanya.

Sebelumnya, korban membuat laporan ke Polrestabes Palembang karena saat sedang mengerjakan shalat Ashar berjamaah di Jalan Harapan Jaya, Kecamatan Kalidoni, tepatnya di Masjid Ar-Rahman, Jumat (28/8) sekitar pukul 15.30 WIB lalu, ia malah kehilangan unit handphone merk Xiaomi Redmi 4a warna hitam dan uang sebesar Rp1 juta.

Kemudian korban melihat rekaman CCTV dan terlihat seorang perempuan masuk secara diam-diam ke dalam Masjid setelah itu langsung keluar.