Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda

Detak-Palembang.com PALEMBANG- Agar bertambahnya populasi ikan Wakil Wali Kota (Wawako) Palembang Fitrianti Agustinda bersama nelayan menyebarkan 7000 bibit ikan ke sungai Musi Senin,(28/9/2020).

Dari hasil penelusuran di Wikipedia ikan Tembakang atau Ikan tambakan dengan nama latin helostoma temminckii ternyata awalnya berasal dari Thailand. Ikan jenis air tawar biasa hidup di wilayah tropis, tepatnya Asia Tenggara hingga sekarang tersebar ke Indonesia.

“Berbagai macam ikan di sungai Musi khas Palembang sudah ada. Penyebaran diharapkan ikan di sungai Musi bervariasi,”katanya

Diakuinya di sungai Musi telah ada ikan gabus, ikan belido, dan ikan lainnya. Namun antisipasi hilang populasi ikan khas Palembang terus dijaga. Hal itu agar masyarakat Kota Palembang hingga anak cucu bisa tetap menikmati kelezatan ikan khas Palembang tersebut.

“Setiap bulan kegiatan penyebaran beni ikan selalu dilakukan. Khususnya ikan khas Indonesia jangan sampai populasinya hilang,”ujarnya.

Disisi lain setelah proses penyebaran Finda nama sapaan Wawako ini, ikut mengajak para nelayan Kota Palembang berdiskusi. Dari hasil tersebut para nelayan banyak mengeluhkan terkait dampak pandemi.

“Kita sudah berbicara tentunya pemerintah akan mengupayakan membantu mereka khusus permasalahan ekonomi di tengah pandemi. Saya juga mengimbau agar mereka tetap menjaga populasi ikan jangan menangkap hingga merusak habitat ikan,”pungkasnya