Detak-Palembang.com, PALEMBANG – Warga Kelurahan 18 Ilir berhasil mengamankan pelaku pembobolan rumah toko (Ruko) di Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan 18 Ilir, Kecamatan Ilir Timur I, Minggu (2/8/2020) pukul 23.30 WIB.

Kini hari Senin,(3/8/2020) pelaku bernama Hayadi (37) diserahkan warga ke Polrestabes Palembang. Dari aksi pelak tercatat tinggalkan di Lorong Sekolah, Kelurahan 24 Ilir, Kecamatan Bukit Kecil berhasil mengambang satu unit AC dan beberapa kabel di dalam rukonya dan mengalami kerugian sekitar Rp 3juta.

Berdasarkan cerita pemilik Ruko Suhardiman (23) warga Dusun VIII, Tanjung Lubuk, Ogan Komreng Ilir pemilik ruko tersebut mengatakan, kalau diruko tersebut ia berjualan buku-buku.

“Pada saat kejadian saya sedang berada diluar, kemudian saya mendapatkan telpon kalau ruko saya dibobol beberapa pencuri dan warga berhasil mengamankan satu pencuri bernama Hayadi, ujarnya Senin (3/8/2020).

Lanjut Suhardiman menuturkan kalau pelaku memasuki rukonya dari samping ruko tersebut.

“Jadi para pelaku memasuki ruko saya dari samping kemudian berhasil naik kelantai dua dan mengambil barang-barang tersebut, warga yang mengetahui kemudian berhasil mengamankan satu pelaku dan beberapa pelaku yang lainya berhasil melarikan diri,” katanya.

Diketahui ruko tersebut sudah lama tidak beroperasi.

“Kurang lebih 10 tahun ruko itu tidak beroperasi sehingga tidak kami tunggu lagi,” bebernya.

Tidak terima rukonya dimasuki pencuri lantas korban melaporkan kejadian tersebut.

“Saya membuat laporan dan juga saya membawa pencurinya, saya mau dia dihukum agar dapat bertanggungjawab. Kemudian teman pelaku yang berhasil melarikan diri agar segera tertangkap,” ungkapnya.

Sementara itu Hayadi mengatakan, kalau ia baru kali ini melakukan pencurian tersebut.

“Rencananya barang curian itu dijual ke tukang rongsokan dan uangnya kami bagi rata, kalau saya uang tersebut untuk makan,” katanya.

Laporan tersebut dibenarkan oleh Kasubag Humas Polrestabes Palembang Iptu Marwan.

“Laporan sudah diterima anggota piket SPKT Polrestabes Palembang, selanjutnya laporan korban beserta pelaku diserahkan ke Unit Reskrim Polrestabes Palembang,”pungkasnya