Detak-palembang.com – Palembang, Walikota Palembang H. Harnojoyo Menghadiri Pemancanga Perdana Lampu Tenaga Surya yg merupakan Bantuan Hibah dari CV Sapa Koja, Selasa (11/8/2020), di Jl. K. H. Azhari Lr. Pedatuan Laut Rt01 RW 01 Kel. 12 Ulu Kec. Seberang Ulu Il Palembang.
Sebanyak 10.441 lampu jalan bertenaga surya akan dipasang di Kota Palembang.

Satu tahun Pemkot Palembang harus membayar Rp 80 M, untuk lampu jalan, dengan adanya bantuan lampu listrik bertenaga surya dari CV Sapa Koja ini, tentunya kita akan menghemat puluhan miliar dalam satu tahun” kata Harnojoyo.

Mengapa bisa menghemat biaya anggaran? Kata Harnojoyo, listrik bertenag surya ini sumber energinya berasal dari surya atau matahari dengan menampung panas matahari pada siang hari melalui panel sehingga dapat dimanfaatkan untuk menyalakan komponen elektrik untuk lampu, tentunya akan menghemat biaya tagihan listrik konvensional.

Bisa dibayangkan kalau seluruh lampu jalan di Palembang ini digantikan dengan listrik bertenaga surya, tentu nol rupiah yang kita keluarkan untuk listrik lampu jalan,” ungkap Harnojoyo.

Nah, bantuan dari CV Sapa Koja ini, kata Harnojoyo akan disebar disetiap kelurahan yang ada, sesuai dengan kebutuhan di kawasan itu nantinya.

Kalau untuk semua kebutuhan Palembang ini, dibutuhkan 76 ribu, saat ini baru ada 46 ribu yang sudah disebar, dengan adanya 10.441 titik lampu bertanaga surya ini, kita butuh waktu beberapa tahun lagi untuk mencukupi semuanya, jadi akan dilakukan secara bertahap,’ jelasnya.