Detak-palembang.com – MUSI RAWAS , – Sesuai instruksi Gubernur Sumatera Selatan ( sum-sel ) H Herman Deru saat Kunjungan Kerja ( Kungker ) ke Kabupaten Musi Rawas ( Mura ) beberapa bulan lalu , guna pencegahan penyebaran pademi wabah bencana nasional non alam Corona Virus Desease ( Covid 19 ) .
Maka dari itu Gubernur sumsel H Herman Deru memberikan bantuan kepada Persatuan Wartawan Indonesia ( PWI ) Kabupaten Mura sebanyak 50 buah alat rapid test , karenabukan hanya para Aparatur Sipil Negara ( ASN ) yang di rapid test namun dikalangan awak media ikut serta dirapid test .
Oleh sebab itu untuk mematuhi instruksi gubernur sumsel H Herman Deru kalangan Pers PWI Kabupaten Mura melaksakan rapid tes untuk anggota pwi pada hari ini Kamis (16/7) di Labkesda Dinas Kesehatan (Dinkes) .
Namun sangat di sayangkan dari puluhan anggota pwi dan wartawan awak media yang bertugas dalam wilayah kabupaten mura , serta target gubernur sumsel sebanyak 50 wartawan yang harus di rapid test.
Akan tetapi baru 5 orang yang mengikuti kegiatan rapid test kesehatan , setelah masa transisi pademi wabah Covid 19 dan menyambut tatanan pola hidup baru New Normal .
Ketua PWI Mura Noviansyah menjelaskan rapid test ini guna menindaklanjuti intruksi dari gubernur dan PWI sumsel , dengan tujuan untuk mencegah penularan Covid-19 pada jurnalis awak media . 
“Hari ini ada lima yang test. Ahlamdulillah semuanya hasilnya non reaktif. Ini baru tahap pertama sebanyak lima orang, karena targetnya 50 orang,” jelas Novi.
Noviansyah mengatakan untuk selanjutnya bagi anggota PWI Mura yang ingin melakukan rapit tes, maka dipersilahkan dan berkoordinasi dengan Dinkes.
Karena, repit test bagi wartawan sangat penting, mengingat profesi ini merupakan profesi yang riskan tertular Covid-19.
“Apalagi kegiatan seorang wartawan yang turun langsung dan bertemu dengan masyarakat yang tidak kita ketahui apakah terinfeksi Covid-19 atau tidak. Terlebih, saat ini di luar Kabupaten Mura banyak wartawan yang terpapar,” jelas Novi .
Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Musi Rawas, Edwar Ziliyar mengucapkan apresiasi kepada PWI Mura sudah ikut serta mencegah Covid-19 dilingkungan Pers dengan melakukan repit test.
Sebelumnya PWI mendapat bantuan repit tes dari Gubernur Sumsel sebanyak 50 rapid.
” Hari ini tahap pertama lima orang melakukan tes. Hasilnya semuanya negatif,” ucapnya.
Ditegasnya lagi hal ini penting dilakukan bagi seorang wartawan, karena pekerjaannya yang menuntut langsung bertatap muka dengan masyarakat luas.
Setelah ini, kami Dinkes Musi Rawas akan menerbitkan surat keterangan bebas Covid-19 bagi yang negatif.
” Sedangkan nanti jika memang ada wartawan yang reaktif, kita tindak lanjuti dengan swab. Kalau positif langsung kita berikan tindakan,” tegasnya.(Zul)