Detak-Palembang.com – 40 tahun warga transmigrasi kecamatan Air Sugihan Kabupaten OKI mendambakan akses jembatan yang sangat dielukan bagi masyrakat, jembatan memiliki panjang 260 meter dalam pembangunannya menelan anggaran Rp. 20 Miliar, inshallah akan segera terwujud.

Sebuah jembatan yang menghubungkan Desa Pangkalan Damai Kecamatan Air Sugihan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dan Desa Indrapura Kecamatan Muara Sugihan Kabupaten Banyuasin konon kabarnya bakal dibangun pada tahun ini pasca kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Tata Ruang Sumatera Selatan (Sumsel) Darma Budhy saat meninjau langsung dilokasi jembatan terletak di Desa Pangkalan Damai jalur 29 kecamatan Air Sugihan, Rabu (01/07/2020).

Ini adalah sebuah harapan masyarakat, tangisan bertahun-tahun akan terwujud, seolah-olah dalam benak masyarakat selama ini belum dilaksanakan pembangunan, saat diskusi ngopi tentang jembatan ini sebagai ajang bualan para politikus dalam raupan suara. Pemerintah daerah sendiri berupaya ekstra keras untuk mewujudkan pembangunan jembatan penghubung dua kabupaten ini segera terwujud.

Jika pembangunan jembatan penghubung selesai sesuai jadwal, maka bukan tidak mungkin kecamatan Air Sugihan dapat mendongkrak pendapatan sumber ekonomi kuat untuk kabupaten OKI, Alasannya, akses mudah, persaingan para toke (pengusaha) semakin bersaing. Baik harga sawit, padi dll akan menguntungkan rakyat air sugihan.

Perkembangan pesisir jalur menuju kecamatan yang lebih maju sedikit demi sedikit telah terealisasikan. Hal ini berarti janji pemerintah tidak bisa dianggap main-main.

Terlebih, pembangunan jembatan ini dapat memberikan dampak signifikan bagi masyarakat di sekitar wilayah tersebut.

Karena manfaat jembatan dari segi geografi dan kependudukan mempermudah akses perjalanan yang sebelumya hanya bisa ditempuh lewat jalur sungai. Dengan dibangunnya jembatan tentunya dua tempat yang sebelumnya terpisah dapat dihubungkan melalui jalur darat.

Pembangunan jembatan Air Sugihan Muara Sugihan ini mempunyai arti penting bagi masyarakat. Selain untuk mempermudah mobilitas masyarakat, jembatan ini diharapkan mampu mengakselerasi pertumbuhan ekonomi dan dikembangkan menjadi destinasi wisata baru di OKI Banyuasin khususnya Air Sugiahan Muara Sugihan.

Penulis: Imam Irfa’i, S.Kom.I
Putra Daerah Transmigrasi Desa Pangkalan Damai Jalur 29 A2 Kecamatan Air Sugihan OKI