Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo

Detak-Palembang.com PALEMBANG – Banyaknya keluhan para guru honorer di Kota Palembang Sumatera Selatan (Sumsel) yang belum mendapatkan gajinya.

Terlebih di tengah wabah Corona Covid-19, para guru honorer tersebut semakin kesulitan untuk membiayai kebutuhan sehari-hari, karena terbatasnya aktivitas di luar rumah.

Menanggapi hal ini, Wali Kota (Wako) Palembang Harnojoyo mengatakan, akan segera menangani permasalahan gaji para guru honorer yang belum cair.

Dia pun berjanji akan sesegera mungkin melunasi tunggakan cairan tersebut, melalui dinas terkait.

“Akan kita bayarkan, sabar ya,” ucapnya, usai menggelar rapat PSBB di Rumah Dinas (Rumdin) Wako Palembang Jalan Tasik Palembang, Senin (15/6/2020).

Sebelumnya, para guru honorer baik dari sekolah reguler maupun sekolah luar biasa (slb) mengeluhkan mandeknya pencairan gaji.

Padahal gaji tersebut dicairkan tiga bulan sekali. Bahkan ada guru yang sudah tak mendapatkan gajinya selama enam bulan.

RN (30), tenaga pengajar honorer di salah satu Sekolah Dasar Negeri (SDN) di bilangan Sako Palembang, menjadi salah satu guru honorer yang kesulitan karena gajinya tak kunjung cair.

“Sudah enam bulan gaji saya belum cair. Terlebih tidak ada bantuan dari sekolah, untuk biaya kuota internet selama mengajar via online di masa Corona Covid-19 ini,” katanya.